Manfaat Memelihara Kucing: Usir Ular Hingga Menghilangkan Stres

831 views

kucing vs ular

Reaktor.co.id — Berkat kucing, sebuah keluarga di Mojokerto selamat dari teror ular kobra yang belakangan marak di tanah air.

Dilansir detikcom, keluarga Nurul Huda dan Widarti, warga Dusun/Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, selamat dari teror kobra berkat kucing.

Widarti mengatakan, ular kobra menyatroni rumahnya tiga hari berturut-turut. Kedatangan reptil berbisa itu lebih dulu ketahuan Si Putih –nama panggilan kucing kampung yang dipeliharanya sejak enam bulan lalu.

Dua ular kobra yang akan masuk ke rumah Widarti pun dibunuh Si Putih di halaman rumahnya. Seekor kobra lainnya berhasil lolos ke lubang di bawah pondasi teras rumah.

Kucing memang ditakuti ular. Karenanya, memelihara kucing di rumah menjadi alternatif terbaik mencegah ular masuk rumah.

Dilansir Antara, peneliti bidang Reptilia dari Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat (Sumbar) Fachrul Reza mengatakan, dengan memelihara kucing di sekitar rumah dapat mencegah ular masuk ke dalamnya.

“Dengan kebiasaan dan kemampuannya kucing mampu membunuh ular hal inilah yang paling ditakuti hewan melata tersebut,” katanya.

Dia menyebutkan dalam hal menakuti ular, kucing menggunakan insting menangkapnya dan cakar tajam sebagai senjatanya.

Menurutnya, secara gerakan rekfleks kucing dapat mengidentifikasi pergerakan yang mencurigakan saat masuk rumah.

Selain itu kucing juga dengan penciumannya mampu mendeteksi bila ada binatang yang masuk atau tidak dan mengeong keras.

“Secara naluri ular juga takut keberadaan kucing, sehingga enggan datang ke rumah,” katanya.

Menurutnya, secara fisiologi cakar kucing dan pergerakan tangkas kucing ditakuti ular. Dan pada beberapa penelitian muncul jika ular dihadapkan dengan kucing kerap kalah.

“Dengan catatan, ular tersebut bukanlah berukuran besar seperti phyton reticulatus,” katanya. “Sebab meski ular takut, ada kemungkinan kucing lari terlebih dahulu karena ukuran tubuh yang besar.”

“Jenis ular yang merupakan musuh kucing ini jenis ular Pitukuih Atau Elaphe Flavo dan Ular Kobra Sembur Sumatera,” katanya.

Kedua ular tersebut kata dia merupakan jenis yang sering masuk ke pemukiman khususnya kota Padang. Masih ada jenis ular lain, yang kesemuanya dapat diusir oleh kucing.

Manfaat Memelihara Kucing

Menjauhkan rumah dari teror ular hanyalah satu dari sekian manfaat memelihara kucing di rumah. Dilansir Republika, hidup bersama hewan kesayangan Nabi Muhammad Saw ini memberikan banyak pengaruh dalam hidup.

Berikut ini 8 manfaat merawat atau memelihara kucing di rumah.

1. Jauh dari Kesepian

Tidak ada yang lebih bahagia saat Anda disambut pas masuk rumah. Kalau belum berkeluarga, kucing bisa jadi teman yang menyapa Anda saat tiba di rumah lewat suaranya.

Saat “gabut” ataupun penat, Anda bisa bermain-main dengan kucing. Tingkahnya yang lucu bisa membuat Anda terhibur dan jauh dari kesepian.

2. Terapi Autisme

Menurut medis, mengelus kucing merupakan terapi yang baik untuk autisme. Pasalnya, kucing juga bisa merasakan perasaan yang ada pada pemiliknya. Bagian tubuh kucing yang biasa dielus, dan membuat kucing nyaman dan manja, adalah kepalanya atau di bawah dagu.

3. Dapat Terapi Dengkur Kucing

Kalau manusia yang mendengkur, mungkin mengganggu. Namun, kucing punya dengkur yang menyenangkan untuk manusia. Suara dengkur kucing bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi rasa sakit.

4. Meningkatkan Imun Bayi

Penelitian menyebutkan, anak-anak yang tumbuh bersama hewan peliharaan relatif lebih sehat dibanding mereka yang tidak melakukannya.

Kucing juga bisa membuat anak-anak punya temain bermain, bahagia, dan lebih ceria saat bergaul dengan teman-temannya.

5. Meningkatkan Mood

Menghabiskan waktu bersama kucing bisa membantu meningkatkan suasana hati. Mainlah bersama kucing saat sedang terpuruk atau mengalami hari yang buruk.

6. Menghilangkan Stres

Kucing mengatasi stres. Salah satu manfaat melihara kucing adalah memperlancar kadar kortisol yang terhambat akbiat stres.

7. Punya Teman Ngobrol

Kucing bisa diajak ngobrol juga? Ya, memang dia tidak akan menjawab semua yang ditanyakan. Namun, melakukan itu bisa buat perasaan perasaan lebih baik.

Pemilik kucing biasa ngobrol dengan bahasa manusia. Meski kucing belum tentu paham, namun nyatanya banyak kebanyakan kucing mengerti maksud ucapan kita.

8. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Menurut riset yang dipublikasikan dalam Journal of Vascular and Interventonal Neourology, memelihara kucing bisa menurunkan kadar kolesterol. Dengan begitu, Anda akan jauh dari penyakit jantung dan stroke.

Lebih Sehat dan Bahagia

Dilansir Kompas, memelihara kucing juga membuat Anda lebih sehat dan bahagia. Memelihara binatang tersebut rupanya membawa banyak manfaat bagi kesehatan mental dan fisik pemiliknya.

Berdasarkan hasil penelitian di Australia, para pemilik kucing cenderung memiliki kesehatan kejiwaan yang lebih baik ketimbang mereka yang tak memiliki binatang peliharaan.

Memelihara kucing juga baik bagi mereka yang sudah memiliki anak. Anak-anak yang memiliki keterikatan kuat dengan kucing peliharaan, akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik, sebagaimana kesimpulan sebuah survei dengan lebih dari 2.200 responden anak di Skotlandia yang berusia 11-15 tahun.

Ada pula penelitian lain yang menyebut, orang-orang yang memelihara kucing disebut memiliki lebih sedikit perasaan emosi negatif dan keterasingan, ketimbang mereka yang tidak memelihara kucing.

Faktanya, mereka yang single namun memelihara kucing, cenderung lebih jarang memiliki mood jelek. Bahkan, kucing yang kita lihat di internet pun bisa membuat kita tersenyum.

Orang-orang yang memelihara hubungan juga akan mendapatkan manfaat pada hubungan mereka dengan sesama manusia. Sebuah penelitian menemukan, para pemilik kucing cenderung lebih sensitif secara sosial, memercayai orang lebih besar, dan menyukai orang melebihi orang-orang yang tidak punya hewan peliharaan.

“Perasaan positif tentang kucing atau anjing peliharaan membawa perasaan positif terhadap sesama manusia,” demikian ditulis Rose Perrine dan Hannah Osbourne dari Eastern Kentucky University.*

 

Hobi Kucing Ular

Related Post

Leave a reply