Malam Tahun Baru, Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi di Puncak Bogor

123 views
Puncak Bogor

Kawasan Puncak Bogor (Kumparan)

Reaktor.co.id, BogorCuaca ekstrem berupa hujan, angin kencang, dan petir diprediksi terjadi di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, pada malam pergantian tahun 2019 ke 2020.

Secara umum, menurut prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca pada malam pergantian tahun 2020 di daerah pegunungan Jawa Barat berpotensi dilanda cuaca ekstrem.

“Dalam kondisi tersebut daerah pegunungan di Jawa Barat potensial terjadi cuaca ekstrim yang ditandai hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai angin kencang secara tiba-tiba serta sambaran kilat/petir,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Citeko-Bogor, Asep Firman Ilahi, Jumat (27/12/2019).

Dikemukakan, dalam periode 28-30 Desember 2019, di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor hujan berpeluang terjadi pada sore dan malam hari. Sementara, pada 31 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 hujan berpeluang terjadi pada siang dan malam hari.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang akan menghabiskan malam pergantian tahun di daerah pegunungan untuk selalu waspada terhadap potensi bencana yang dapat terjadi akibat cuaca ini.

“Cuaca salah satu faktor yang memberi kenyamanan dalam wisata. Cuaca cerah menjadikan wisata menyenangkan, tetapi cuaca hujan bahkan ekstrem bisa mengancam jiwa dan memberikan mimpi buruk ketimbang liburan menyenangkan,” katanya.

Selain terkait cuaca, lalu-lintas di Puncak Bogor juga diprediksi macet. Polri berencana memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) selama liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Rekayasa lalu lintas sistem satu arah itu untuk kendaraan yang menuju kawasan Puncak dari pukul 07.30 hingga 12.00 WIB dan pukul 13.00 hingga 17.00 WIB, diberlakukan one way menuju Bogor.

Khusus malam tahun baru, kepolisian setempat akan menerapkan malam bebas kendaraan (car free night) untuk jalur dari Jakarta menuju puncak.

Menurut Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Fadli Amri, rekayasa lalu lintas car free night tersebut diperuntukkan bagi kendaraan roda empat atau lebih dari arah Jakarta menuju Puncak mulai pukul 18.00 WIB, Selasa (31/12/2019), hingga pukul 06.00 WIB, Rabu (1/1/2020).  (Suara/Kompas)

 

Cuaca Ekstrem Puncak Bogor Tahun Baru

Related Post

Leave a reply