Lombok Butuh Ribuan Profesional Perhotelan

48 views

MotoGP Mandalika

Reaktor.co.id, Lombok — Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan menjadi tuan rumah balap MotoGP mulai 2021.

Menjelang gelaran MotoGP Mandalika, hotel-hotel di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, bakal beroperasi pada 2021. Hotel-hotel tersebut membutuh pekerja dengan rasio 1:1,5 orang setiap kamar.

Jumlah kamar yang akan dioperasikan sekitar 2.000 kamar hotel. Dengan demikian butuh sekitar 3.000 orang pekerja trampil perhotelan.

Mandalika yang dikelola Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia), sejak tahun 2017 telah resmi beroperasi sebagai KEK dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar US $ 1,3 miliar.

Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional. Di sana sedang dibangun Paramount Lombok Resort & Residences yang investasinya Rp 1,2 triliun.

Hotel dengan brand perusahaan film asal Amerika Serikat Paramount itu, menyediakan 525 kamar. Selain itu, terdapat juga hotel berbintang berskala internasional Hotel Pullman dan Hotel Royal Tulip, yang juga memasuki tahap penyelesaian.

Hotel Pullman berkapasitas 270 kamar mulai dibangun pada Oktober 2017 dan Hotel Royal Tulip berkapasitas 198 kamar.

Hotel lain yang akan dibangun antara lain Hotel X2 yang direncanakan berkapasitas 240 kamar, Hotel Grand Mercure berkapasitas 342 kamar, dan Aloft by Marriot berkapasitas 173 kamar.

Sirkuit Mandalika

Untuk gelaran MotoGP, di dalam kawasan Mandalika Vinci Grand Project, BUMN asal Perancis akan mengembangkan Mandalika Street Race Circuit Cluster.

Street-Race Circuit (Sirkuit Jalan Raya) pertama di dunia yang dibangun dari tahap konsep, akan dibangun dengan standar Fédération Internationale de Motorcyclisme (FIM) dan Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) untuk kelayakan penyelenggaraan kejuaraan dunia balap motor.

Selain MotoGP, ada pula rencana menggelar balapan Formula 1 (F1) di Lombok. Formula 1 telah terbukti menjadi acara olahraga ketiga yang paling banyak ditonton di dunia setelah Piala Dunia FIFA dan Olimpiade.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Putrie, pemerintah dan masyarakat harus menyiapkan diri melihat peluang yang datang.  “Banyak sekali peluang yang tersedia,” katanya dikutip Tempo.

Dikatakannya, pemerintah sudah menetapkan peningkatan akses udara, darat dan laut untuk mendukungnya.

Pemerintah juga meningkatkan status Mandalika menjadi salah satu dari 10 kawasan strategus pariwisata nasional, dengan mengubah dermaga nasional Teluk Awang menjadi dermaga internasional, yang bisa disinggahi kapal pesiar. Juga adanya dermaga apung di Kuta dan Selong Belanak. ”Ini semua menjelang diselenggarakannya kegiatan motoGP tahun 2021,” ucap Putrie. (rml/tempo).*

 

Lombok Lowongan Kerja Mandalika

Related Post

Leave a reply