Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi dan Peluang Kerjanya

41 views

Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi dan Peluang Kerjanya

Reaktor.co.id — Ilmu komunikasi merupakan salah satu jurusan kuliah yang terbilang memilki banyak prospek pekerjaan. Fakultasnya biasa disingkat Fikom, kependekan dari Fakultas Ilmu Komunikasi.

Berikut ini gambaran materi kuliah di jurusan ilmu komunikasi dan peluang kerjanya. Menjadi wartawan, penyiar/presenter, dan praktisi humas adalah sebagian profesi bidang komunikasi.

Konsentrasi Jurusan Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah program studi (prodi) di perguruan tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi, akademi) yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif agar dapat sampai kepada sasaran yang dituju.

Selain itu, jurusan Ilmu Komunikasi mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, seperti antar individu, media, dan sebagainya.

Bidang komunikasi cukup luas. Jurusan komunikasi pun menyediakan banyak pilihan konsentrasi, seperti jurnalistik, humas (hubungan masyarakat), dan penyiaran (broadcasting).

Sebagai contoh, di Fikom Unpad, ada Diploma (D4) Manajemen Produksi Media dan Sarjana (S-1) Ilmu Komunikasi, Perpustakaan dan Sains Informasi, Hubungan Masyarakat, Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, serta Jurusan Televisi dan Film

Apa yang dipelajari?

Apa yang dipelajari oleh mahasiswa ilmu komunikasi?

Ilmu Komunikasi adalah induk dari ilmu turunannya yang lain, seperti Jurnalistik, Penyiaran, Hubungan Masyarakat (Public Relation), Komunikasi Pemasaran, Desain Komunikasi Visual, Periklanan (Adveritising), Performing Arts Communication, dan lain-lain.

Pada program studi Ilmu Komunikasi, kamu akan diajarkan tentang bagaimana proses penyampaian pesan agar menjadi efektif dan dapat mencapai sasaran yang dituju.

Apa saja sih kemampuan-kemampuan yang dipelajari di prodi Ilmu Komunikasi? Berikut bidang ilmu atau keterampilan yang diajarkan kepada mahasiswa komunikasi di perguruan tinggi.

1. Public Speaking

Di Ilmu Komunikasi, public speaking atau berbicara di depan umum (seperti pidato dan presentasi) merupakan salah satu kemampuan dasar yang wajib dipelajari oleh mahasiswa.

Public Speaking merupakan kemampuan untuk menyampaikan pesan yang efisien dengan baik sehingga pendengar dapat memahami perkataan yang diucapkan. Public speaking juga tak hanya sekedar berbicara, melainkan juga belajar tentang bahasa tubuh (gestur).

2. Marketing

Karena bidang komunikasi terkait media publikasi, maka ilmu marketing juga diajarkan. Mahasiswa belajar tentang kemampuan promosi dan penjualan secara umum dan berlandaskan pada prinsip-prinsip pemasaran.

3. Riset

Mahasiswa komunikasi juga belajar tentang riset gabungan antara soft skill dan hard skill, seperti pengetahuan dan teori riset, pengolahan data serta keterampilan menganalisa dan bersikap kritis.

4. Manajemen

Kemampuan manajemen akan dipelajari di prodi Ilmu Komunikasi. Semua prodi di kampus pastinya belajar tentang manajemen. Umumnya, manajemen yang dipelajari adalah mengatur waktu dan mengoordinasikan berbagai hal agar bisa efektif dan efisien.

5. Menulis 

Teknis menulis karya jurnalistik dipelajari mahasiswa komunikasi, khususnya mahasiswa jurnalistik. Mahasiswa diberi bekal membuat karya jurnalistik yaitu berita, artikel, dan feature.

Di dalam penulisan berita, diajarkan juga teknik reportase dan wawancara, menentukan sudut pandang penulisan berita, riset, struktur berita, dan lainnya.

Untuk mahasiswa jurusan humas, akan belajar menulis rilis (press release) dan mengelola media internal lembaga. Rilis adalah berita yang dibuat humas sebuah lembaga.

6. Videografi

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kemampuan menguasai teknologi pun akan dituntut dari lulusan Ilmu Komunikasi.

Mahasiswa komunikasi akan belajar tentang teknik dan pemanfaatan videografi untuk kebutuhan di dunia periklanan maupun media.

7. Fotografi

Sebagai dasar, kemampuan fotografi akan kamu pelajari di prodi komunikasi. Kemampuan fotografi biasanya dipelajari di peminatan jurnalistik atau media.

8. Desain Grafis

Desain grafis merupakan salah satu kemampuan yang dipelajari oleh mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi. Mahasiswa akan banyak terpapar materi desain grafis selama berkuliah di prodi Ilmu Komunikasi yang selalu menuntut jiwa kreatif. Mata kuliahnya bernama Desain Komunikasi Visual (DKV).

Peluang Kerja, Prospek Lulusan

Bagimana prospek kerja lulusan jurusan ilmu komunikasi?

Ada banyak pilihan karier bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Cakupan kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi sangat luas. Jadi, semua tergantung peminatan dan konsentrasi apa yang didalami ketika kuliah.

Setiap kampus yang memiliki Program Studi Ilmu Komunikasi menawarkan konsentrasi atau peminatan yang berbeda-beda, seperti Humas (Public Relations) dan Jurnalistik.

Prospek kerja bagi lulusan Ilmu Komunikasi ini sebenarnya luas. Namun secara garis besar, bisa terbagi ke dalam 5 bidang berikut:

1. Media dan Jurnalisme

Lulusan atau sarjana ilmu komunikasi dapat bekerja sebagai:

  • Jurnalis atau wartawan
  • Reporter atau penyiar TV/radio
  • Analis media
  • Peneliti media
  • Fotografer
  • Videografer
  • Youtuber

2. Public Relations (PR)

Lulusan Jurusan Humas biasanya akan berkarier sebagai praktisi Humas atau Public Relation Officer Marketing di lembaga pemerintah ataupun swasta, termasuk lembaga bisnis (perusahaan).

3. Broadcasting

Untuk konsentrasi broadcasting sendiri adalah dunia yang selalu menarik perhatian masyarakat. Pilihan kariernya antara lain:

  • Produser program TV/Radio
  • Content creator media online
  • Videografer
  • YouTuber
  • Filmmaker
  • Sutradara
  • Penulis skenario

4. Media kreatif

Ketika lulus kuliah dari konsentrasi ini, maka prospek kerja Ilmu Komunikasi dari media kreatif bisa menjadi:

  • Content creator media digital
  • Entrepreneur media digital Produser program TV Film maker

5. Periklanan/advertising

Lulusan dari konsentrasi ini biasanya memiliki kemampuan kreatif di bidang periklanan/advertising.

Prospek kerja di industri periklanan antara lain:

  • Copywriter
  • Desainer grafis
  • Media planner
  • Account executive

Demikian Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi dan Peluang Kerjanya. Tentu saja, profesi atau jenis pekerjaan tidak selalu harus sesuai dengan jurusan kuliah. (Sumber1, Sumber2)

 

Jurusan Komunikasi Komunikasi Kuliah Komunikasi Peluang Lulusan Komunikasi Profesi Komunikasi

Related Post

Leave a Reply