Korea Selatan Buka 8.800 Lowongan Kerja bagi Pekerja Indonesia

79 views

Industri di Korea Selatan membutuhkan banyak tenaga kerja yang harus didatangkan dari negara lain.

Lowongan Kerja Korea

Seoul. Foto: Pixabay

Korea Selatan membuka 8.800 lowongan kerja bagi pekerja Indonesia tahun ini. Hingga Meii 2019, baru 2.222 lowongan yang terisi sehingga masih ada 6.578 lowongan.

Informasi lowongan kerja di Korea ini dikemukakan Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri Kemenaker, Eva Trisiana.

“Tahun ini, Korea Selatan membutuhkan 8.800 pekerja dari Indonesia. Hingga Mei baru 2.222 orang pekerja asal Indonesia yang dikirim,” ujarnya dikutip Bisnis.

Pekerja Migran Indonesia memiliki kemudahan dalam proses mendapatkan kerja di Korea. Pasalnya, Indonesia dan Korea kini telah memiliki pakta Employment Permit System (EPS) untuk mempermudah pengurusan izin bagi WNI yang ingin bekerja di Korsel.

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan, sepanjang Januari—Mei 2019 terdapat 2.222 orang pekerja migran Indonesia (PMI) yang dikirim ke Korea Selatan.

PMI yang dikirim ke Korsel harus melalui sejumlah tahapan tes yakni verifikasi dokumen, ujian bahasa Korea, dan ujian kemampuan.

Menurut Eva, kerja sama dengan Pemerintah Korea Selatan melalui kerangka EPS telah berlangsung sejak 2004. Dalam skema EPS, Korsel membutuhkan pekerja di 5 sektor industri, yaitu manufaktur, perikanan, perkebunan, konstruksi, dan jasa.

“[Pengiriman PMI] yang kami utamakan [adalah untuk] sektor manufaktur dan perikanan. Untuk sektor lainnya masih ditahan, karena masih ada masalah. Kecuali bagi yang re-entry pada pengguna yang sama,” ujar Eva.

Menurut data BNP2TKI, penempatan PMI ke Korsel sepanjang 2018 mencapai 6.921 orang, naik hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebanyak 3.719 orang.

Di situs resmi BNP2TI disebutkan, pilihan sektor pekerjaan yang ditawarkan ada dua, yaitu sektor manufaktur dan sektor Perikanan.

Bila pelamar ingin kembali bekerja di tempat yang sama seperti ketika sewaktu bekerja di Korea di mana  pelamar bekerja di tempat tersebut lebih dari setahun, maka harus memilih sektor pekerjaan yang sama  seperti sewaktu bekerja di Korea dulu. Oleh karena itu, pelamar harus memilih sektor pekerjaan dengan seksama mengingat pertimbangan tersebut. (R1).*

 

korea selatan Lowongan Kerja Pekerja Migran

Related Post

Leave a reply