Kontrak 9 Perusahaan Alih Daya Dihentikan KS, 2.600 Buruh Dipastikan Menganggur

239 views

Dari 9  perusahaan vendor yang diputus kontrak kerjanya oleh manajemen KS, maka ada sebanyak 2.600  orang pekerja yang terancam menjadi pengangguran.

Sebagian buruh 9 perusahaan vendor KS

Reaktor.co.id — Sebanyak 1.346 orang pekerja PT. Purna Sentana Baja terancam diberhentikan menyusul berakhirnya kontrak kerja antara PT. Purna Sentana Baja dan PT Krakatau Steel (KS).

KS tidak lagi memperpanjang perjanjian kontraknya dengan PT. Purna Sentana Baja selaku perusahaan alih daya (outsourcing).

Manajemen KS mengatakan, kondisi keuangan yang merosot tajam akibat semakin berkurangnya kegiatan perusahaan menjadi faktor penyebab  penghentian kontrak kerja dengan perusahaan vendor yang selama ini mendukung kegiatan usaha perusahaan peleburan baja terbesar di Indonesia itu. Alasan lain di balik keputusan itu, implementasi kebijakan restrukturisasi dan optimalisasi sumber daya manusia (SDM) perusahaan.

Purna Sentana Baja rupanya tak sendirian. Ada 8 perusahaan vendor KS lainnya yang bernasib serupa, yakni PT. Wahana Sentana Baja, PT. Sigma Mitra Sejati, PT. Krakatau Perawatan dan Perbengkelan, PT. Krakatau Information and Tecnology, PT. Indo Sarana Usaha, PT. Kedung Buana Indah, PT. Saba Pratama, dan terakhir PT. Central Berkat Indonesia.

Dari 9  perusahaan vendor yang diputus kontrak kerjanya oleh manajemen KS, maka ada sebanyak 2.600 orang pekerja yang terancam menjadi pengangguran.

Kepastian KS tidak akan memperpanjang kontrak dengan 9 vendor itu terungkap usai Direksi PT KS memenuhi panggilan DPRD Kota Cilegon, Banten. Pertemuan yang berlangsung di ruang ketua DPRD Kota Cilegon¸ Senin (22/7/2019), itu dihadiri oleh Direktur SDM PT KS Rahmad Hidayat, Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon Sihabudin Syibli, Ketua Komisi II DPRD Kota Cilegon Abdul Ghofar, beserta sejumlah jajaran komisi.

Pertemuan itu tindak lanjut dari audiensi antara perwakilan buruh dan Komisi II DPRD Kota Cilegon pada 17 Juli 2019 lalu. Pada audiensi itu, buruh 9 perusahaan alih daya mitra KS meminta DPRD untuk meyakinkan KS mencabut rencana penghentian kontrak kerja sama dengan vendor. (AF)

 

 

buruh outsourcing kontrak kerja Krakatau Steel reaktor vendor ks

Related Post

Leave a reply