Koleksi Poster Lucu dalam Demo Mahasiswa

320 views

Poster Lucu di Demo Mahasiswa

Reaktor.co.id, Jakarta — Mahasiswa Indonesia di berbagai daerah turun ke jalan awal pekan ini. Di Jakarta, aksi demonstrasi mahasiswa menolak UU KPK dan RKUHP dipusatkan di depan Gedung DPR.

Berbeda dengan aksi-aksi demo mahasiswa sebelumnya, aksi mahasiswa diwarnai dengan beragam poster yang berisi kalimat protes yang dipandang lucu.

Menurut psikolog klinis, Anastasia Satriyo, munculnya berbagai poster dengan kalimat lucu pada demonstrasi kali ini mungkin bisa berbeda dengan demonstrasi-demonstrasi sebelumnya karena ada perbedaan zaman.

“Kalau kita lihat, yang demo itu kan mahasiswa ya. Nah, mahasiswa itu berada di antara usia remaja akhir dan dewasa awal, itulah cara mereka menyampaikan aspirasi serta protesnya,” jelas Anastasia kepada detikcom, Selasa (24/9/2019).

Remaja saat ini atau lebih dikenal dengan Gen Z memiliki cara-cara unik tersendiri untuk menyampaikan rasa protesnya. Ia mengatakan biarkan mereka berekspresi dengan cara di zaman mereka saat ini.

“Biarkan mereka melakukan dengan caranya sendiri. Tapi, kita juga harus mengingatkan atau membuat mereka tahu kalau cara seperti ini ada konsekuensinya. Mau itu orang yang suka dan tidak suka terhadap cara mereka,” ujarnya.

Anastasia menambahkan, poster atau cara seperti ini juga menjadi pembeda bagaimana cara zaman dulu dan sekarang dalam mengekspresikan aspirasinya melalui aksi demo.

Dari yang protes membawa-bawa kandasnya kisah cinta, curhat “asline mager”, sampai hadirnya mereka yang introvert. Bahkan, di Yogyakarta, ada yang membawa poster iklan jasa bimbingan skripsi.

Menurut ahli kesehatan jiwa dari klinik Psikosomatik Omni Hospital Alam Sutera Tangerang, dr Andri, SpKJ, FAPM, kehadiran poster-poster di demo mahasiswa tersebut bisa jadi memang sengaja untuk menarik perhatian terutama di media sosial.

Di era modern saat ini media sosial memiliki kekuatan kuat untuk menyebarkan pesan.

“Pada dasarnya orang melakukan aksi itu kan ingin menjadi pusat perhatian. Nah kita lihat bahwa ternyata jamannya sekarang ini bukan cuma televisi tapi juga media sosial punya peran untuk menyebarkan informasi yang jauh lebih baik,” katanya kepada detikcom, Selasa (24/9/2019).

“Kalau di televisi yang kaya gitu bisa juga sih kelihatan tapi untuk wartawan di media sosial ataupun online mungkin hal-hal seperti itu akan lebih gampang jadi suatu pusat perhatian. Apa yang dimaksud demonya sendiri tercapai seenggaknya orang-orang bisa lihat,” lanjutnya.

Koleksi Poster Lucu dalam Demo Mahasiswa

Berikut ini sebagian Koleksi Poster Lucu dalam Demo Mahasiswa yang dihimpun reaktor.co.id dari media sosial Twitter.

Aksi Demonstrasi Demo Mahasiswa Poster Lucu

Related Post

Leave a reply