Keunggulan Beriklan di Media Online

90 views

Iklan Media Online

Reaktor.co.id — Lembaga riset media Nielsen mengungkapkan kelebihan beriklan di media online atau media digital dibandingkan media konvensional.

Menurut Executive Director Nielsen Media untuk Indonesia, Hellen Katherina,  keunggulan beriklan di media online antara lain ketepatan sasaran.

“Target audience sangat spesifik tergantung dari history browsing,” ujarnya.

Data Nielsen Advertising Intelligence (Ad Intel) periode Juli 2018-Juni 2019 menunjukkan, konsumen menghabiskan waktu sekitar 3 jam 17 menit dari yang sebelumnya 2 jam 26 menit dalam tiga tahun terakhir.

Dari sisi versi iklan, data menunjukkan versi iklan di media digital 25 kali lipat lebih banyak dari media lainnya, yakni 396.534 versi dalam setahun terakhir. Di media cetak terdapat 47.205 versi diikuti televisi 15.332 versi.

“Iklan di media digital mudah dimodifikasi,” kata Hellen dikutip Antara.

Di sisi lain, kata Hellen, media konvensional seperti televisi, radio, dan media cetak sebenarnya juga memiliki keunggulan masing-masing.

Televisi misalnya, unggul dari sisi awareness dan jangkauan, sementara media cetak bisa menampilkan informasi secara detil yang bisa dicerna pembaca.

“Radio, hebat dalam menggerakkan komunitas. Orang mendengarkan radio pakai smartphone bukan streaming. Mereka sebagian besar menggunakan headphone sehingga ada emotional connection antara pendengar dan penyiar,” papar Hellen.

Data Ad Intel juga menunjukkan, belanja iklan pada media online berkontribusi Rp9,3 triliun pada periode Juli 2018-Juni 2019.

Hellen mengatakan, angka itu menyumbang enam persen dari total belanja iklan yang juga termasuk televisi, cetak, dan radio yang mencapai Rp165 triliun selama setahun terakhir.

“Iklan di media digital dilirik? Didorong semata-mata karena bertumbuhnya kepemilikan smartphone,” katanya.

Selain itu, meningkatnya waktu yang konsumen habiskan mengkonsumsi internet secara signifikan dari sekitar 2,5 jam menjadi lebih dari tiga jam dalam tiga tahun terakhir juga menjadi alasan.

“Media digital diperhitungkan pemilik merek, sebagai salah satu pilihan membelanjakan anggaran iklan mereka,” tutur Hellen.

Hellen belum bisa mengatakan adanya perpindahan budget iklan dari media kovensional ke media digital karena media televisi masih mendominasi dengan porsi belanja iklan sebanyak 83 persen, meski mengalami perlambatan pertumbuhan.

“Belum bisa kami jawab, kami baru tracking setahun terakhir, sehingga belum bisa melihat polanya dari tahun ke tahun. Kami baru punya data lengkap setahun (terakhir),” kata Hellen.

Format iklan yang ditayangkan melalui media digital sekitar 52 persen dalam bentuk display dan sisanya dalam bentuk video.

Kategori produk yang paling banyak beriklan adalah layanan online, disusul perangkat dan layanan komunikasi, kendaraan pribadi, perawatan rambut, dan susu cair.

Jenis Iklan Online

Jenis Iklan Online

Mengutip laman Internet Marketing, kelebihan iklan di media daring (online advertising) antara lain biaya lebih efisien atau lebih hemat biaya daripada iklan konvensional, lebih terukur dan lebih mudah dipantau.

Selain itu, keunggulan iklan online lainnya adalah format iklan online sangat beragam (teks, gambar, video, atau gabungan dari berbagai format tersebut), lebih cepat dan mudah dipasang, serta jangkauan luas tidak terbatas untuk lokal. (RL).*

 

Iklan Media Online Iklan Online media Media Buruh

Related Post

Leave a reply