Ketika Sarjana Baru ‘Lulusan UI’ Tolak Gaji 8 Juta

94 views

Gaji lulusan UI 8 Juta

Reaktor.co.id — Dalam tiga hari terkhir jagat media sosial dihebohkan curhatan seorang sarjana yang baru lulusan (fresh graduate) soal besaran gaji.  Seseorang yang tidak diketahui identitasnya menulis postingan di Insta Story.

Mengaku baru lulus Universitas Indonesia (UI), ia menuliskan kekesalannya karena hanya ditawari gaji Rp 8 juta per bulan.

“Jadi tadi gue diundang interview kerja perusahaan lokal dan nawarin gaji kisaran 8 juta doang. Hello meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI, Pak. Universitas Indonesia. Jangan disamain sama fresh graduate dengan kampus lain dong ah. Level UI mah udah perusahan luar negeri. Kalau lokal mah oke aja, asal harga cocok,” demikian postingan Insta Story yang viral itu.

lulusan ui 8 juta

Banyak pihak meragukan kebenaran bahwa pemilik akun lulusan UI. Ada juga yang menyebutkan asal status itu merupakan Shitposting di Facebook, yaitu postingan agresif, ironi, yang biasa dilakukan di forum internet.

Tanggapan UI

Meski sumbernya tidak jelas, namun karena viral dengan tagar #LulusanUI dan #Gaji8Juta, bukan hanya warganet (netizen) yang memberikan tanggapan, mulai dari yang serius hingga bercanda.

Pihak terkait termasuk lembaga kampus, dalam hal ini Universitas Indonesia (UI), pun memberikan repons.

Dilansir Kompas, Kepala Kantor Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti, menyatakan “curhat” orang yang mengaku lulusan UI tersebut merupakan bentuk ekspresi anak muda melalui media sosial.

Ia juga enggan menanggapi lebih banyak lantaran identitas pemilik akun yang menulis postingan itu belum kelihatan. Pemilik akun belum dapat dipastikan apakah benar lulusan dari UI.

“Kalau ditanya tanggapannya kami juga tidak bisa banyak berpendapat. Pertama identitas tidak ketauan, bisa jadi bukan alumni kita?” kata Rifelly dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/7/2019).

Namun, bila postingan itu ternyata benar milik alumni UI, ia pun sangat menyayangkannya. Rifelly berharap masyarakat tidak langsung memberi cap negatif terhadap seluruh lulusan UI akibat postingan itu.

“Ya kalaupun benar itu alumni kita, sangat tidak bijak kalau kita langsung menggeneralisir pendapat dia tersebut sebagai pendapat seluruh lulusan UI,” tutur Rifelly.

Akun resmi Instagram UI juga memberikan tanggapan agar alumninya tidak sombong alias harus rendah hati.

lulusan ui 8 juta

Respons Diten Pajak

Lembaga resmi lain, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Republik Indonesia atau DJP RI, juga memberikan tanggapannya.

Melalui akun resmi Twitter @DitjenPajakRI, Ditjen Pajak ikut meramaikan tagar #gaji8juta dengan memberikan komentar yang terbilang lucu.

Dalam cuitannya, Jumat (26/7/2019) akun @DitjenPajakRI membeberkan pajak penghasilan alias PPh bagi karyawan bergaji Rp8 juta per bulan. Dengan memplesetkan UI menjadi “Universitas Inidia”, Ditjen Pajak menyebutkan pajak bagi gaji Rp8 juta per bulan adalah Rp1.860.000.

“Fresh Graduate Universitas Inidia, kerja di perusahaan dengan #gaji8juta, ini PPh-nya. Gaji 8 juta status jomlo, Sabtu-Minggu lembur tapi enggak dibayar, enggak punya program pensiun, begini hitung pajak penghasilannya. Berdasarkan penghitungan Ditjen Pajak, PPh 21 setahun untuk karyawan jomblo dengan gaji Rp8 juta per bulan adalah sebesar Rp1.860.000. Kerja sebagai karyawan jadi pajaknya dipotong perusahaan, tinggal minta bukti potong 1721 untuk lapor SPT tahunan,” tulisnya.

Data BPS tentang Gaji Karyawan Baru

Heboh “lulusan UI” menolak gaji 8 juta juga menimbulkan rasa penasaran tentang gaji bagi sarjana yang baru lulus kuliah (fresh graduate).

Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis Agustus 2018 dan di-update Maret 2019 menunjukkan, rata-rata gaji bersih karyawan di kelompok umur 20-24 tahun hanya Rp 2.240.116 per bulan.

Gaji paling tinggi bagi fresh graduate menurut survei BPS ada di jenis pekerjaan tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan.

Gaji bersih rata-rata di jenis pekerjaan tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan ini adalah Rp 3.327.742 per bulan. Selisihnya denga rata-rata gaji bersih kelompok umur 20-24 tahun sekitar Rp 1,1 juta.

Sementara rata-rata gaji bersih terendah diterima oleh fresh graduate yang bekerja sebagai tenaga profesional, teknisi, dan yang sejenis. Gaji yang diterima fresh graduate di jenis pekerjaan ini sebesar Rp 1.701.183 per bulan.

Gaji tertinggi diterima oleh kelompok umur 55 tahun sampai 59 tahun yang bekerja sebagai tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan. Rata-rata gaji yang diterima golongan pekerja senior ini adalah Rp 7.830.255 per bulan. (Mel).*

Gaji Lulusan UI Gaji Sarjana Baru upah pekerja

Related Post

Leave a reply