Kementerian Perdagangan Keluarkan Permen Kompetensi Tenaga Kerja

31 views

permendag ritel modern

Reakto.co.id, Jakarta — Kementerian Perdagangan (Kemendag) menerbitkan Permendag No. 55 tahun 2019 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Bidang Ritel Modern.

Permendag No. 55/2019 dikeluarkan guna meningkatkan daya saing dan kompetensi tenaga kerja di sektor industri ritel modern.

Menurut Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Suhanto, Pemendag tentang KKNI ini menjadi acuan bagi perusahaan ritel modern untuk memberikan bahan pelatihan guna peningkatan kompetensi pekerja.

“Diharapkan juga, dengan klasifikasi kompetensi tersebut, daya saing tenaga kerja ritel meningkat untuk menghadapi persaingan global yang makin ketat,” kata Suhanto kepada Bisnis.com.

Menurut Suhanto, penerapan KKNI Bidang Ritel Modern merupakan upaya yang dilakukan untuk memperbaiki iklim usaha ritel modern di Tanah Air yang makin ketat, seiring dengan ekspansi perusahaan ritel modern asing yang punya standar tinggi.

Dikemukakan Suhanto, selama ini masih banyak perusahaan ritel modern dalam negeri yang mempekerjakan sumber daya manusia yang tidak kompeten untuk bekerja di bidang ritel modern. Hal tersebut berpengaruh terhadap produktivitas dan kualitas pelayanan terhadap konsumen.

Prospek bisnis ritel modern sendiri untuk tahun ini secara umum masih menunjukan tren yang positif.

Proses pelatihan, uji kompetensi, hingga sertifikasi bakal dilakukan oleh Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

Pelaksana pelatihan dilakukan oleh unit pelatihan yang dikembangkan oleh asosiasi, kemudian unit lembaga sertifikasi personal oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). Aprindo telah menyiapkan Lembaga Diklat Profesi (LDP) Ritel dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Ritel. (RL).*

 

Kompetensi Pekerja Permendag Ritel Modern

Related Post

Leave a reply