Jumlah TKA China di Indonesia 20 Ribu

73 views
TKA

Ilustrasi Tenaga Kerja Asing di Indonesia

Reaktor.co.id, Jakarta — Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China di Indonesia berjumlah sekitar 20.000 orang. Data TKA China di Indonesia itu diungkapkan Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian.

Ia menyebutkan, data itu berdasarkan statistik pemerintah China.

“Berdasarkan statistik dari pemerintah China pada saat ini tenaga kerja yang bekerja di Indonesia kira-kira ada 20 ribu orang lebih,” ujar Xiao Qian kepada tim detikcom.

Dia memaparkan, jumlah tersebut masih masuk akal. Dia membandingkan dengan volume perdagangan RI-China senilai US$ 77,4 miliar, jumlah investasi China di Indonesia senilai US$ 3 miliar dan ada 1.000 perusahaan China saat ini yang beroperasi di Indonesia.

“Saya kira memang ketimbang jumlah volume perdagangan dan investasi, jumlah tenaga kerja belum termasuk tinggi,” katanya.

Xiao membantah TKA asal China membanjiri Indonesia. Apalagi bila disebutkan mereka didominasi buruh kasar alias unskilled labor.

Menurutnya, tenaga kerja asal China di Indonesia saat ini didominasi oleh level ahli dan terampil.

“Mereka sangat diperlukan untuk mengoperasikan mesin-mesin yang sangat penting untuk memastikan proyek-proyek dapat berjalan aman dan normal,” katanya.

Dia yakin, proporsi tenaga kerja di Indonesia masih diisi tenaga kerja lokal, sekalipun untuk proyek-proyek atau perusahaan China.

“Saya ambil satu contoh lagi misalnya Bank of China di Indonesia. Tenaga kerja asal Tiongkok hanya 10 orang saja tapi tenaga lokal mencapai 2000 orang lebih,” tuturnya.

“Selain itu, datangnya perusahaan asal China banyak menciptakan lapangan kerja. Misalnya Huawei saja menciptakan ribuan lapangan kerja, kereta cepat Jakarta-Bandung telah menciptakan lebih dari 10 ribu lapangan kerja,” tutupnya.

TKA asal China menjadi isu tersendiri di masyarakat Indonesia, khususnya kalangan pekerja/buruh. Kehadiran mereka dikhawatirkan menutup peluang pekerja dalam negeri.

Data sebelumnya menunjukkan, TKA asal China tercatat sebanyak 32.209 orang berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan.

TKA lainnya di Indonesia berasal dari Jepang (13.897 orang), Korea Selatan (9.686), India (6.895), Malaysia (4.667), Filipina (2.910), Australia (2.600), Amerika Serikat (2.556), Inggris (2.133), Singapura (1.880), lain-lain (15.902).

Dilansir CNBC Indonesia, sejak 2014-2018, jumlah TKA di Indonesia tumbuh sebesar 38,6%. Di periode yang sama realisasi investasi penanaman modal asing (PMA) hanya tumbuh di angka 17%.

Pada Desember 2018, tercatat sebanyak lebih dari 95 ribu TKA bekerja di Indonesia.

Jumlah TKA terbanyak disumbang oleh China tahun 2017, yakni mencapai 24.804 TKA atau setara dengan hampir 3% dari total TKA di Indonesia pada 2018.

Kebanyakan TKA bekerja sebagai profesional sebanyak hampir 24 ribu orang, sebagai manajer sebanyak 20 ribu orang dan direksi di suatu perusahaan sekitar 15 ribu orang. Sisanya bekerja sebagai komisaris, supervisor, konsultan dan teknisi.*

 

TKA TKA China

Related Post

Leave a reply