Jumlah Tenaga Kerja Asing di Indonesia Naik, Terbanyak dari China

46 views

TKA Cina

Reaktor.co.id — Jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia tumbuh sebesar 38,6% pada periode 2014-2018.

Di periode yang sama, realisasi investasi penanaman modal asing (PMA) hanya tumbuh di angka 17%. Pada Desember 2018, tercatat sebanyak lebih dari 95 ribu TKA bekerja di Indonesia.

Dilansir CNBC Indonesia, dilihat berdasarkan negara asalnya, jumlah TKA terbanyak disumbang oleh China di tahun 2017. Jumlahnya mencapai 24.804 TKA atau setara dengan hampir 3% dari total TKA di Indonesia pada 2018.

Kebanyakan TKA bekerja sebagai profesional sebanyak hampir 24 ribu orang, sebagai manajer sebanyak 20 ribu orang, dan direksi di suatu perusahaan sekitar 15 ribu orang. Sisanya bekerja sebagai komisaris, supervisor, konsultan, dan teknisi.

Tolak TKA

TKA di Indonesia potensial terus bertambah setelah Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri meneken beleid yang intinya merelaksasi TKA di Indonesia.

Menaker mengeluarkan Keputusan Menteri Ketengakerjaan (Kepmenaker) Nomor 228 Tahun 2019 tentang Jabatan Tertentu yang Dapat Diduduki Oleh Tenaga Kerja Asing.

Baca Juga: Menaker Terbitkan Daftar Jabatan yang Bisa Diduduki TKA

Permen terbaru mengatur posisi-posisi jabatan tenaga kerja asing pada 18 sektor usaha. Beberapa sektor usaha jenis posisi jabatan untuk pekerja asing makin bertambah banyak, seperti di sektor konstruksi. (RL).*

 

Ketenagakerjaan TKA

Related Post

  1. author

    […] Jakarta — Tenaga Kerja Asing (TKA) diprediksi kian meningkat di Indonesia. Pasalnya, pemerintah membuka pintu lebar untuk TKA […]

Leave a reply