Jepang Membutuhkan Ratusan Perawat dan Pengasuh dari Indonesia

118 views

Tahun ini Indonesia mendapatkan kuota jumlah pengiriman perawat dan pengasuh ke Jepang sebanyak 550 orang.

Indonesia Nurse Community

Ilustrasi Perawat. Foto: Facebook Page Indonesia Nurse Community.

Reaktor.co.id — Jepang membutuhkan ratusan perawat dari Indonesia. Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menyatakan, permintaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) bidang perawat (nurse) dan perawat lansia (careworker) terus meningkat tiap tahun.

Memenuhi kebutuhan Jepang, bulan ini BNP2TKI mengirimkan tenaga kerja perawat dan careworker sebanyak 338 orang. Tahun ini Indonesia mendapatkan kuota jumlah pengiriman perawat dan pengasuh sebanyak 550 orang.

Sebelum pemberangkatan, BNP2TKI dan Kedutaan Jepang melaksanakan Pre Departure Orientation (PDO) selama tiga hari, 16-18 Juni 2019, di Cawang, Jakarta Timur, untuk memberikan pembekalan.

Deputi Penempatan BNP2TKI, Teguh Hendro Cahyono, meminta kepada seluruh kandidat yang hadir agar sebaik mungkin untuk memahami bahasa dan kemampuan bekerja, termasuk kepribadian dan mental sebelum berangkat ke negeri sakura.

“Kawan-kawan yang telah berhasil melalui proses panjang untuk bisa mencapai kesempatan bekerja ke Jepang dengan tujuan mulia yaitu meningkatkan penghasilan, kemampuan dan pengalaman agar terus menjaga sikap yang baik selama bekerja di Jepang,” kata Teguh dilansir situs resmi BNP2TKI.

Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI, Arini Rahyuwati, menyampaikan, kandidat perawat dan perawat lansia yang mengikuti PDO sebanyak 338 orang, terdiri dari 38 orang nurse dan 300 orang careworker. Semuanya diberangkatkan melalui program G to G (Government to Government/Pemerintah antar Pemerintah) Jepang-Indonesia.

Baca Juga: Jepang Buka Ribuan Lowongan Kerja bagi Pekerja Migran Indonesia

Arini mengungkapkan, narasumber yang hadir dalam pembekalan ini dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, BNP2TKI, dan beberapa lembaga lainnya. (R1).*

 

Jepang Pekerja Migran perawat jepang

Related Post

Leave a reply