Jepang Membutuhkan 350 Ribu Pekerja Asing di 14 Sektor Industri

117 views
Lowongan Kerja Jepang

Prefecture Aichi, Jepang (Foto clip-japan.com)

Reaktor.co.id, Sumedang — Pemerintah Jepang membutuhkan 350.000 pekerja asing untuk jangka waktu lima tahun ke depan. Lowongan pekerjaan di Jepang terutama perawat, tenaga perhotelan, serta pekerja pada projek pembangunan fisik.

Lowongan kerja di Jepang tersebut dikemukakan pengusaha di Wakayama City Jepang, Hironori Kadono, usai bertemu Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir di Sumedang, Selasa (15/10/2019).

“Sekarang ini Pemerintah Jepang menerima banyak tekanan dari dunia usaha Jepang untuk mempercepat proses penerimaan tenaga kerja asing ke Jepang, termasuk dari Indonesia khususnya dari Kabupaten Sumedang. Untuk lima tahun ke depan, kami membutuhkan sekitar 350.000 orang pekerja untuk bekerja di 14 sektor industri,” ujarnya.

Baca Juga: Jepang Buka Lowongan Kerja di 14 Sektor Pekerjaan

Kedatangan Kadono beserta rombongan ke Kabupaten Sumedang, sebagai langkah konkret guna menjalin hubungan persaudaraan dan kerja sama antara kedua daerah.

Dijelaskannya, dalam penerimaan tenaga kerja asing, pemerintah Jepang sudah mengalihkan sistem penerimaan tenaga kerja asing dari ginoujisyu atau sistem magang ke tokuteiginou atau pekerja berketerampilan khusus.

Program magang bukan program kerja, melainkan sebatas latihan. Meski ada yang langsung bekerja di Jepang, diakui ada perusahaan di Jepang yang tidak baik. Bahkan sempat ada kejadian, gaji yang diberikannya sangat minim.

“Sekarang Pemerintah Jepang mengubah sifat. Dengan kebijakan baru ini, Pemerintah Jepang betul-betul membutuhkan tenaga kerja asing, termasuk dari Indonesia. Gajinya sama dengan orang Jepang dan diperlakukan seperti orang Jepang juga,” tutur Kadono.

Dijelaskan, untuk penerimaan tenaga kerja asing, ada dua cara yang bisa ditempuh. Pertama, calon pekerja harus lulus ujian tokuteiginou dan memiliki kemampuan berbahasa Jepang minimal N4.

Kedua, bagi mereka yang sudah pernah tinggal dan magang di Jepang selama 2 tahun 10 bulan, bisa kembali bekerja di Jepang. Namun, harus kembali ke perusahaan yang lama di bidang industri yang sama.

“Dari 14 bidang industri yang dibutuhkan untuk para pekerja asing, ada tiga lowongan yang sangat dibutuhkan yakni perawat, tenaga perhotelan, dan pekerja di projek pembangunan fisik,” ucapnya. (R1/Pikiran Rakyat).*

 

Jepang Lowongan Kerja Pekerja Migran

Related Post

Leave a reply