Jepang Buka Lowongan Kerja di 14 Sektor Pekerjaan

74 views
Jepang

Tokyo, Jepang (Pixabay)

Reaktor.co.id — Jepang membuka lowongan kerja bagi pekerja Indonesia di 14 sektor pekerjaan yang terdaftar dalam Visa Pekerja Berketerampilan Spesifik (Specified Skilled Worker/SSW).

SSW adalah jenis visa kerja yang diberlakukan untuk orang asing untuk bekerja di Jepang. Jenis visa ini berada di bawah naungan Menteri Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang.

Diperkenalkan pemerintah Jepang pada April 2019, dengan berlakunya jenis visa Tokutei Ginou ini, Jepang mungkin tidak hanya menjadi tujuan wisata, tetapi juga menjadi tujuan pekerja asing.

Visa ini diberlakukan dengan harapan bertambahnya jumlah pekerja asing yang tinggal di Jepang dalam periode panjang. Hal ini diperlukan agar terpenuhi kebutuhan tenaga kerja di Jepang untuk menopang berbagai industri.

Jumlah klasifikasi ujian keterampilan merujuk pada jumlah tes yang ada di dalam satu sektor pekerjaan. Untuk bisa mendapatkan visa ini, pekerja asing diharuskan menguasai keterampilan tertentu yang ada di dalam satu sektor yang akan dilamar.

Daftar 14 Lowongan Kerja di Jepang

Dilansir laman Ohayo Jepang Kompas dari Immigration Bureau, Ministry of Justice, berikut ini 14 sektor pekerjaan yang terdaftar dalam Visa Pekerja Berketerampilan Spesifik.

1. Perawat

Care Worker (Kaigo). Perawatan fisik untuk lansia, seperti memandikan, membantu saat makan atau buang air, serta menjaga mental dan fisik lansia yang diurus. Terdapat juga layanan bantuan tambahan, seperti membantu jalan-jalan, berolahraga, dan sebagainya.

2. Manajemen kebersihan gedung

Building Cleaning Management (Biru Kuriningu). Pembersihan bagian dalam bangunan umum (kecuali tempat tinggal), seperti menghilangkan noda/kotoran, menjaga kebersihan lingkungan dan sebagainya.

3. Industri komponen mesin dan perkakas

Machine Parts & Tooling Industries (Sokeizai Sangyou). Casting, forging, die casting, machining, metal press, factory sheet metal work, electroplating, aluminum anodizing, finishing, inspeksi mesin, perawatan mesin, painting, welding.

4. Teknisi mesin industri

Industrial Machinery Industry (Sangyou Kikai Seizogyou). Casting, forging, die casting, machining, metal press, ironwork, factory sheet metal work, plating, finishing, inspeksi mesin, maintenance mesin, perakitan peralatan elektronik, print wiring board manufacturing, plastic molding, painting, dan packaging industrial.

5. Industri listrik, elektronik, dan informasi

Electric, Electronics and Information Industries (Denki Denshi Jouhou Kanren Sangyou). Machining, metal press, factory sheet metal work, plating, finishing, machine maintenance, perakitan peralatan elektronik, print wiring board manufacturing, plastic molding, painting, welding, industrial packaging.

6. Industri konstruksi

Construction Industry (Kensetsugyou). Formwork construction, plastering, concrete pumping, tunnel and propulsion, construction machinery and construction, earthwork, roofing, telecommunications, reinforcement construction, reinforcing bar joints, interior finishing, material mounting.

7. Industri pembuatan kapal dan mesin kapal

Shipbuilding and Ship Machinery Industry (Zousen Hakuyou Kougyou). Welding, painting, iron work, finishing, machining, perakitan peralatan elektronik.

8. Perbaikan dan pemeliharaan mobil

Automobile Repair and Maintenance (Jidousha Seibi).Inspeksi dan pemeliharaan harian, pemeriksaan dan pemeliharaan rutin, pembongkaran dan pemeliharaan kendaraan.

9. Industri penerbangan

Aviation Industry (Koukuu). Penanganan lapangan bandara (membantu ground running, menangani baggage/cargo, dsb.), pemeliharaan pesawat (pemeliharaan pesawat dan perangkatnya).

10. Industri perhotelan dan hospitality

Accommodation Industry (Shukuhaku). Penyediaan servis akomodasi seperti front desk penginapan, perencanaan/relasi publik, hospitality, service restoran.

11. Pertanian

Agriculture (Nougyou). Pertanian tanaman umum (manajemen kultivasi, panen, pengiriman dan pemilihan produk pertanian, dll.), peternakan hewan (manajemen pakan ternak, panen, pengiriman dan pemilihan produk peternakan, dll.).

12. Perikanan dan akuakultur

Fishery & Aquaculture (Gyogyou). Perikanan (memproduksi dan memperbaiki peralatan penangkapan ikan, eksplorasi hewan dan tumbuhan laut, pengoperasian peralatan dan mesin penangkapan ikan, panen hewan atau tumbuhan laut, perawatan dan penyimpanan produk perikanan, pemastian keamanan dan kesehatan, dll.), industri Aquaculture (produksi, perbaikan dan manajemen material perikanan, manajemen kultivasi hewan dan tumbuhan laut, panen dan pemrosesan, pemastian keamanan dan kesehatan, dll.).

13. Pembuatan makanan dan minuman serta

Manufacture of Food and Beverages (Inshokuryouhin Seizougyou). Manufaktur pembuatan makanan dan minuman secara umum (pembuatan dan pemrosesan makanan dan minuman, manajemen kesehatan dan keamanan.

14. Industri makanan

Food Service Industry (Gaishokugyou). Pekerjaan industri restoran secara umum (menyiapkan makanan, pelayanan pelanggan, manajemen restoran).

Pemerintah Indonesia sudah meneken kerja sama dengan pemerintah Jepang mengenai ketenagakerjaan. Total kuota tenaga kerja yang dibutuhkan Jepang adalah 345.150 orang, salah satunya bisa dipenuhi oleh pekerja asal Indonesia.

Pemerintah Indonesia mendorong penempatan tenaga kerja berketerampilan spesifik (Specified Skilled Worker/SSW) ke Jepang.

Kementerian Ketenagakerjaan menargetkan 70 ribu tenaga kerja ahli dikirim ke Jepang dalam 5 tahun mendatang. Target tersebut untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja berketerampilan spesifik atau Specified Skilled Worker (SSW) untuk bekerja di Jepang.*

 

Jepang Kerja di Jepang Lowongan Kerja Pekerja Migran

Related Post

  1. author

    […] pekerja yang memiliki keterampilan khusus (Specified Skilled Workers/SSW) untuk mengisi posisi di 14 sektor utama di Jepang, khususnya sektor […]

Leave a reply