Jenis-Jenis Pekerjaan Tanpa Perlu Ngantor

137 views

Pekerjaan tanpa perlu “ngantor” juga menjadi alternatif bagi Anda yang sedang mencari “kerja sampingan” atau sekadar menyalurkan hobi dan ekspresi diri.

 

Kerja Tanpa Kantor

Ilustrasi Kerja Tanpa Kantor. (123rf)

Reaktor.co.id — Era internet atau dunia yang semakin digital mengubah struktur lingkungan profesional. Satu dekade yang lalu, budaya bekerja “nine to five” (jam sembilan pagi sampai lima sore) di kantor adalah norma.

Istilah ‘kantor’ (office) secara otomatis berarti ruang di luar rumah. Pekerja harus pergi pagi pulang sore, sabar dalam kemacetan dan kepenatan suasana kantor.

Namun hari ini, sebuah kantor bisa berarti sebuah meja samping tempat tidur, kedai kopi favorit, atau ruang sewaan yang dikenal dengan ruang kerja bersama (coworking space).

Sederhananya, di era digital ini, kantor bisa ada di mana pun kita ingin membuatnya – selama kita memiliki alat yang diperlukan untuk bekerja secara efektif.

Para analis telah mengamati tren yang meningkat dalam pekerjaan jarak jauh di seluruh dunia. Laporan Gallup 2015 menunjukkan, persentase ‘telecommuter’ atau individu yang bekerja dari rumah telah melonjak sebesar 30 persen dari dekade terakhir. Itu hanya di Amerika Serikat.

Laporan yang sama, 56 persen percaya bahwa mereka yang bekerja dari jarak jauh sama produktifnya dengan mereka yang bekerja di kantor. Di sisi lain, 24 persen mengatakan, telecommuter lebih produktif, sementara 18 persen percaya mereka kurang produktif.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dengan internet mengubah banyak hal di seluruh dunia selama dekade terakhir. Era digital telah memberikan individu kebebasan untuk bekerja dari mana saja.

Menurut sebuah laporan New York Times, orang-orang yang ingin memasuki dunia kerja sekarang lebih menyukai pekerjaan yang memungkinkan pekerja jarak jauh atau tanpa “ngantor”.

Karyawan yang bekerja dari rumah sangat percaya, jam kerja yang fleksibel akan membantu mengurangi kesenjangan gaji yang makin meluas.

Baca Juga: Pekerjaan Masa Depan

Jenis-Jenis Pekerjaan Tanpa Perlu Ngantor

Berikut ini jenis-jenis pekerjaan yang tidak mengharuskan bekerja di kantor sebagaimana dilansir Your Story. Daftar ini juga menjadi alternatif bagi Anda yang sedang mencari “kerja sampingan” atau sekadar menyalurkan hobi dan ekspresi diri.

1. Penulis lepas

Penulis lepas (freelance writer) sudah bekerja di rumah sejak dulu. Mereka menulis artikel dan mengirimkannya ke media massa, lalu mendapatkan honor. Kini kebutuhan tulisan untuk konten (isi) website meningkat. Banyak lembaga atau perusahaan yang membutuhkan tulisan untuk mengisi situs web resminya.

Menjadi penulis lepas mungkin merupakan salah satu opsi yang paling menguntungkan bagi Anda yang ingin menghasilkan uang tanpa menghabiskan seluruh waktu mereka di kantor.

Saat ini, situs-situs seperti freelancer.com dan elance.com menyediakan cara mudah untuk menjadi penulis lepas. Individu dan organisasi dari seluruh dunia dapat menghubungi Anda tentang proyek yang sesuai dengan profil Anda.

2. Penulis terafiliasi

Affiliated writer adalah semacam kolomnis yang menulis rutin untuk sebuah media atau website tertentu. Anda bisa menjadi penulis untuk sebuah perusahaan atau lembaga.

3. Editor / Peninjau

Banyak perusahaan membutuhkan konten online untuk mengupdate website mereka. Anda bisa menjadi menjadi editor atau reviewer produk/jasa perusahaan dan mempublikasikannya di web mereka sendiri atau di blog pribadi.

Kebutuhan untuk proofread dan naskah sempurna telah meningkat empat kali lipat. Permintaan editor dan pengulas sangat tinggi di pasar online saat ini.

4. Manajer Pemasaran Online

Sebagian besar perusahaan memiliki tim penjualan dan pemasaran mereka sendiri, namun banyak organisasi berskala kecil mengalihdayakan pekerjaan mereka kepada manajer pemasaran yang mandiri dan diminta.

Manajer pemasaran online yang berpengalaman sangat berharga bagi pertumbuhan mereka. Pada saat yang sama, disewa berdasarkan proyek adalah menguntungkan untuk kedua belah pihak, mengingat biayanya lebih murah daripada menyewa manajer pemasaran penuh waktu.

5. Pemilik saluran YouTube

Youtuber menjadi tren bukan saja di kalangan warga biasa, tapi juga kalangan selebritas atau public figure. Menjadi youtuber dengan ribuan hingga jutaan subscriber bisa mendatangkan uang puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Orang-orang yang mengelola saluran YouTube sendiri secara efektif juga telah memperoleh status “selebritas”. Buat akun Youtube, lalu buat konten video sendiri, orisinal, dan menarik, lalu upload dan lakukan monetisasi.

6. Blogging

Blogging adalah prospek lain yang sangat direkomendasikan dan bermanfaat bagi mereka yang ingin bekerja dari jarak jauh. Untuk menjalankan blog yang sukses secara online, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet yang cepat.

Beberapa perusahaan konten paling sukses saat ini, seperti Mashable dan Gizmodo, adalah yang berfungsi sebagai situs blog yang dapat membanggakan jangkauan luar biasa di seluruh negeri.

Selengkapnya baca: Cara Menjadi Blogpreneur

7. Desainer grafis lepas

Ada lelucon umum di kalangan desainer grafis, mereka menerima cek pembayaran terbesar saat mereka bekerja dari rumah. Sederhananya, ketika desainer grafis berafiliasi dengan perusahaan, kemungkinan kontrak mereka tidak akan memungkinkan mereka untuk mengambil proyek apa pun di luar yang sama.

Namun, desainer grafis lepas dapat mengambil proyek sebanyak yang mereka inginkan dan bekerja dari jarak jauh, memiliki waktu yang tersedia untuk diinvestasikan dalam hal yang sama.

8. Pemasar media sosial

Era media sosial mengharuskan perusahaan dan lembaga lain melakukan pemasaran media sosial (social media marketing) untuk membangun reputasi online dan promosi.

Satu-satunya alat fisik yang dibutuhkan seseorang untuk pekerjaan ini adalah komputer dan router Wi-Fi. Perusahaan di seluruh dunia telah menyadari pentingnya dan pengaruh media sosial yang meningkat pesat, dan sebagai hasilnya, sebagian besar dari mereka bahkan mempekerjakan seluruh tim media sosial untuk mempromosikan bisnis mereka secara online.

Melacak tren yang berubah, waktu basis pengguna yang paling aktif, dan menganalisis statistik online perusahaan, para pemasar media sosial online siang dan malam, dengan kebebasan bekerja dari mana saja dengan koneksi internet yang baik.

9. Konsultan SEO

SEO adalah tulang punggung strategi pemasaran digital, dan sangat umum bagi perusahaan berbasis digital untuk melakukan outsourcing optimasi situs web mereka ke konsultan SEO. Ini karena outsourcing adalah ukuran hemat biaya yang mengurangi beban mempekerjakan staf baru dan memberikan mereka pelatihan khusus dalam bidang yang sama.

Ini juga memungkinkan perusahaan untuk tetap fokus pada satu tujuan sementara mereka bergantung pada kemampuan orang lain untuk meningkatkan popularitas dan keberadaan situs mereka.

Konsultan SEO atau SEO Specialist bertugas melakukan pengoptimalan pada situs web agar mudah dan cepat terindeks mesin telusur seperti Google, mendapatkan peringkat yang baik di hasil pencarian, dan akhirnya mendapatkan pengunjung yang banyak (trafik).

10. Fotografer lepas

Sebagai seorang fotografer lepas, Anda memiliki opsi untuk mendaftar dengan sejumlah proyek dan bahkan organisasi sekaligus, karena tidak pernah ada kelangkaan pekerjaan yang tersedia untuk Anda. Melalui media lensa kamera Anda dan tampilannya di layar komputer, Anda dapat bekerja dari mana saja di dunia!

11. Desainer web

Semua perusahaan memerlukan situs web. Akibatnya, permintaan untuk desainer web freelance selalu tinggi, karena banyak dari perusahaan ini, sementara memulai, tidak memiliki sumber daya untuk membangun situs web mereka sendiri dari awal.

12. Ghost Writer

Walaupun tidak banyak orang memilih menjadi “penulis hantu” sebagai profesi penuh waktu, ini adalah kesempatan paruh waktu yang bagus bagi mereka yang memiliki ketertarikan pada kata tertulis.

Selebritas, pengusaha, dan bahkan politisi meneruskan tanggung jawab biografi dan autobiografi mereka kepada para pengarang untuk orang lain, membayar mereka dengan mahal untuk itu.

13. Telemarketing

Telemarketing adalah profesi yang dilakukan hampir seluruhnya melalui telepon. Tenaga penjualan diberikan tanggung jawab yang menantang untuk meyakinkan pelanggan potensial untuk membeli produk perusahaan mereka. Mempertimbangkan tingkat kesabaran jangka pendek dari pelanggan yang selalu sibuk saat ini, pekerjaan itu memerlukan banyak keterampilan komunikasi bintang dan ketenangan dan kesabaran samudera.

14. Analis data

Perusahaan membutuhkan analis data untuk memberi tahu mereka penilaian angka yang ada, serta memberikan mereka strategi tentang cara meningkatkan angka yang sama. Misalnya, dalam kasus perusahaan media digital, seorang analis data yang berafiliasi perlu melacak th

Jumlah konten yang keluar, bagaimana diterima di antara audiens target, serta waktu terbaik hari itu harus diterbitkan atau diposting.

Demikian sebagian jenis pekerjaan online yang tidak mengharuskan “ngantor” alias bisa dilakukan di rumah. Untuk meraih pekerjaan online, Anda bisa memulai dengan membuat sebuah blog pribadi.*

 

Bekerja Tanpa Kantor Lowongan Kerja Online Pekerjaan Online

Related Post

  1. author

    […] Baca Juga: Jenis-Jenis Pekerjaan Tanpa Kantor […]

Leave a reply