Jelang Tahun Baru, BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem

310 views

Bencana Hidrometeorologi

Reaktor.co.id, Jakarta — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan potensi cuaca ekstrem dan hujan lebat menjelang tahun baru 2020. BMKG juga mengingatkan potensi bencana hidrometerologi.

Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, potensi cuaca ekstrem tersebut hampir merata di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek dan Jawa Barat. Hal ini juga dibuktikan dengan peningkatan curah hujan sejak pertengahan Desember lalu.

“Umumnya hujan terjadi dimulai pada saat menjelang siang hingga sore hari,” kata Dwikorita dalam keterangannya, Jumat (27/12/2019).

Data BMKG menyebutkan, hingga periode Dasarian II Desember 2019, berdasarkan jumlah Zona Musim (ZOM), sebanyak 74% wilayah di Indonesia telah memasuki musim penghujan.

Sejumlah wilayah yang punya potensi hujan lebat cukup tinggi adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Potensi hujat lebat juga terjadi di Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku, dan wilayah Papua.

“Masyarakat supaya tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi yang mungkin terjadi,” ujarnya.

Dwikorita mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap kemungkinan hujan disertai angin kencang yang dapat menyebabkan pohon dan baliho tumbang. Ia mengingatkan agar masyarakat tidak berlindung di bawah pohon saat hujan disertai petir terjadi. (Ant)

 

Bencana Hidrometeorologi Cuaca Ekstrem Musim Hujan

Related Post

Leave a reply