Jamaah Haji Indonesia Mulai Pulang 17 Agustus 2019

102 views

Ibadah Haji

Reaktor.co.id, Jakarta — Pemulangan jamaah haji Indonesia akan dimulai Sabtu 17 Agustus 2019. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mulai melakukan penimbangan bagasi hari ini, Kamis (15/8/2019).

Dilansir laman resmi Kementerian Agama RI, PPIH melarang jemaah haji untuk membawa air zam-zam ke dalam koper yang akan dibawa pulang ke tanah air. Larangan ini disampaikan Kepala Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid, di Makkah.

Menurut Subhan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pada saat penimbangan bagasi, jemaah haji Indonesia banyak kedapatan membawa air zam-zam dalam koper.

“Padahal percuma saja memasukkan air zam zam dalam koper, karena pada saat penimbangan, itu akan dikeluarkan juga dan tidak akan diangkut,” jelas Subhan.

Subhan menyampaikan, hari pertama penimbangan bagasi jemaah akan dilakukan kepada 15 kelompok terbang, yaitu JKS 1-4; SUB 1-3; PLM 1; LOP 1; PDG 1; SOC 1-3; BTH 1; serta UPG 1.

“Penimbangan bagasi akan dilaksanakan di pemondokan masing-masing. Untuk itu masing-masing jemaah diharapkan sudah mempersiapkan kopernya,” jelas Subhan.

Ia juga mengingatkan agar jemaah tidak menggunakan pelindung koper berbentuk jaring-jaring serta membawa barang lain yang dilarang seperti gas, magnet, senjata tajam dan mainan yang menggunakan baterai.

“Jemaah juga diimbau tidak membawa uang tunai lebih dari 200 juta rupiah atau SAR 60 ribu,” pesan Subhan.

Kelompok terbang (kloter) 4 embarkasi Cengkareng dijadwalkan akan menjadi jemaah haji gelombang pertama yang akan mendarat di tanah air.

Fase pemulangan para jemaah secara bergelombang akan dilakukan setiap hari selama 17-31 Agustus 2019.

Pada musim haji 2019, Indonesia memiliki jatah kuota 231.000 jemaah yang diberikan Pemerintah Arab Saudi, 214.000 di antaranya adalah jamaah haji reguler, dan sisanya (17.000) merupakan jemaah haji khusus.

Dalam data Kementerian Agama, total ada 215.377 jemaah haji Indonesia (termasuk petugas haji) yang mendarat di Tanah Suci.*

 

Haji Jamaah Haji Kepulangan Jamaah Haji

Related Post

Leave a reply