Ironi Hari Olahraga Nasional: PB Djarum Hentikan Audisi Bulutangkis

142 views

Audisi Umum Bulutangkis PB Djarum

Reaktor.co.id — Bangsa Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) tiap 9 September. Menjelang Haornas tahun ini, Senin, 9 September 2019, dunia olahraga digegerkan dengan dihentikannya audisi umum pencarian bakat bulutangkis yang digelar PB Djarum Kudus.

PB Djarum menegaskan audisi yang melahirkan pemain badminton kelas dunia itu akan diakhiri pada 2020. PB Djarum menghentikan audisi setelah mendapatkan tudingan eksploitasi anak dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Warganet pun memprotes KPAI dengan meramaikan tagar #bubarkanKPAI, #BubarkanLenteraAnak, dan
#PBDjarumJanganPamit yang menjadi trending topic di Twitter, Senin (9/9/2019).

Ketua KPAI Susanto berkilah, pihaknya tidak menghentikan audisi bulutangkis. Dia berpendapat, pihaknya justru mendukung pengembangan bakat anak-anak Indonesia, di antaranya bulutangkis.

“KPAI tidak memberhentikan audisi bulu tangkis. Justru KPAI mendorong semua pihak agar men-support anak-anak Indonesia bisa mengembangkan bakat dan minat termasuk di bidang bulutangkis. Prestasi anak Indonesia tentu akan berdampak positif bagi bangsa dan negara,” kata Susanto kepada wartawan, Minggu (8/9/2019).

Susanto menjelaskan PB Djarum bukan berhadapan dengan KPAI. Menurutnya, terdapat regulasi yang tegas mengatur masalah tersebut dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

“Dalam hal ini, Djarum Foundation bukan berhadapan dengan KPAI. Tapi berhadapan dengan regulasi yang berlaku. Baik UU 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak maupun PP No 109 Tahun 2012. PP tersebut telah melarang bahwa perusahaan rokok dalam menyelenggarakan kegiatan dilarang menampilkan logo, merek, atau brand image produk tembakau,” jelas Susanto.

Hari Olahraga Nasional 9 September

Kasus penghentian audisi bulutangkis menjadi ironi Hari Olahraga Nasional tahun ini.

Haornas tanggal 9 September mengacu pada diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama pada 9–12 September 1948 di Kota Solo.

Haornas 2019

Tanggal 9 September menjadi pembukaan ajang atlet-atlet asli daerah inilah yang ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional.

PON I di Kota Praja Surakarta 9–12 September 1948 dibuka 9 September yang kemudian diperingati setiap tahun sebagai Hari Olahraga Nasional. (RL).*

 

Audisi Umum Bulutangkis Haornas Hari Olahraga Nasional PB Djarum

Related Post

  1. author

    […] Jakarta — Dihentikannya Audisi Bulutangkis PB Djarum atas desakan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) masih menjadi perbincangan warganet di […]

  2. author

    […] Jakarta — PB Djarum akan melanjutkan program audisi umum bulutangkis untuk mencari bibit unggul atlet badminton […]

Leave a reply