Info BMKG, 9 Daerah Ini Bakal Diguyur Hujan lebat

59 views

Reaktor.co.id — Dalam kurun waktu tiga hari  (13–15 Agustus 2019), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi adanya potensi hujan lebat di 9 wilayah Indonesia. Potensi hujan lebat itu dampak dari massa udara basah lapisan rendah yang terkonsentrasi di beberapa wilayah seperti Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.

Low Level Jet dengan kecepatan angin terpantau >25kt terdapat di wilayah Laut Andaman, Laut Arafuru, Laut Cina Selatan, Australia bagian utara hingga Laut Arafura bagian barat. Juga adanya belokan angin terdapat di Sumatera bagian Utara, Sumatera Tengah dan Kalimantan bagian Barat,” ungkap Dwi Rini Endra Sari, Kasubag Hubungan Pers dan Media, di Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Kondisi tersebut menyebabkan beberapa daerah seperti Aceh, Sulawesi Tengah, dan Papua berpotensi hujan lebat pada 13 Agustus 2019. Sementara, wilayah yang berpeluang hujan lebat adalah Sumatera Barat, dan Papua pada 14-15 Agustus 2019.

Dikutip dari situs resmi BMKG,

Peringatan Dini Cuaca Provinsi Kalimantan Tengah
Tanggal 14 Agustus 2019 pukul 05.10 WIB berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai angin kencang di 
Kab. Kapuas (Kapuas Barat, Mantangai Bagian Selatan),
dan sekitarnya.
Dan dapat meluas ke 
Kab. Pulang Pisau (Jabiren Raya Bagian Selatan, Kahayan Hilir),
Kab. Kapuas (Dadahup, Kapuas Murung),
dan sekitarnya.
Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 07.00 WIB.

Prakirawan – BMKG Palangka Raya
http://www.bmkg.go.id

BMKG mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika sedang beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan. (AF)*

bmkg hujan deras reaktor

Related Post

Leave a reply