ILO Tekankan Penguatan Dialog Pekerja-Pengusaha

70 views

hubungan industrial

Reaktor.co.id, Semarang — Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) menekankan pentingnya penguatan dialog antara pekerja dan pengusaha untuk ketenangan bekerja dan peningkatan produktivitas.

Menurut Direktur ILO untuk Indonesia dan Timor-Leste, Michiko Miyamoto, dialog antara pekerja dengan manajemen perusahaan yang baik akan mendorong terciptanya ketenangan bekerja, produksi, dan produktivitas.

“Dialog yang baik itu juga dapat menjadi jalan keluar untuk meningkatkan produksi dan produktivitas kerja,” ujarnya di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (3/10/2019).

“Pengusaha dan pekerja harus memperkuat dialog sosial di perusahaan untuk menghadapi tantangan ketenagakerjaan saat ini,” imbuhnya.

Workshop hubungan industrial

Kalau ada masalah, katanya lagi, maka hendaknya dibahas dan didiskusikan secara bersama dalam konteks hubungan industrial.

“Dengan cara tersebut permasalahan antara pengusaha dan pekerja dapat diatasi dengan baik,” kata Michiko.

Ia menegaskan, dialog pekerja dan pengusaha dapat mengatasi berbagai tantangan ketenagakerjaan dan memajukan perusahaan.

Pihak perusahaan diharapkan menyediakan saluran komunikasi bagi pekerja dalam menyampaikan saran untuk perusahaan, misalnya kotak saran, ruang diskusi, atau Grup WhatsApp. (rml/antara).*

 

Dialog Dialog Pekerja-Pengusaha

Related Post

Leave a reply