ILO Rilis Buku Saku Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

44 views

Panduan Pekerja MigranReaktor.co.id — Organisasi Buruh Internasional (ILO) — didirikan 1919 sebagai wadah yang menampung isu buruh internasional di bawah Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)– merilis dua buah buku saku untuk pekerja migran Indonesia.

Buku pertama bertajuk “Panduan Pekerja Migran Indonesia” bisa diunduh di laman resmi ILO . Buku saku kedua bertajuk “Perlindungan & Pencegahan untuk Pekerja Migran Indonesia” juga bisa diunduh di  laman resmi ILO.

Kedua buku ini dibuat sebagai panduan untuk Pekerja Migran juga untuk fasilitator lapangan (organizer) tenaga kerja migran.

Diharapkan, dengan buku ini dapat memberikan informasi tentang mekanisme migrasi yang aman agar terhindar dari praktik-praktik perdagangan orang.

Buku ini berisi mulai pengertian pekerja migran atau buruh migran hingga daftar organisasi pekerja migran (serikat buruh) dan prosedur resmi rekrutmen pekerja migran.

 

Pengertian Pekerja Migran

Perlindungan Pekerja MigranOrganisasi Perburuhan Internasional (International Labour Organisation/ILO) mendefinisikan pekerja migran sebagai seseorang yang bermigrasi, atau telah bermigrasi dari satu negara ke negara lain, dengan sebuah gambaran bahwa orang tersebut akan dipekerjakan oleh seseorang yang bukan dirinya sendiri, termasuk siapa pun yang biasanya diakui sebagai seorang migran, untuk bekerja.

Apabila seseorang ingin bekerja di luar negeri, memiliki informasi yang benar merupakan hal yang penting, sehingga pilihan diambil berdasarkan informasi yang dimiliki, bukan pilihan yang tidak acuh.

Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) atau Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) merupakan tempat terbaik untuk memperoleh informasi yang paling benar mengenai cara menemukan pekerjaan di luar negeri.

Mereka akan memiliki daftar pekerjaan yang tersedia, di negara mana, proses yang legal, biaya-biaya yang terkait, pelatihan pra-keberangkatan yang diperlukan, dan mode perjalanan ke negara tujuan.

Informasi yang benar mengenai jalur-jalur yang legal mengenai migrasi perburuhan dan keunggulan-keunggulan, serta kelemahan-kelemahan dan risiko-risiko yang terkait dengan jalur-jalur ilegal migrasi perburuhan merupakan cara yang paling penting dan murah untuk melindungi, dan mencegah, pekerja migran Indonesia untuk tidak memasuki situasi-situasi yang berbahaya.

Informasi dari perantara, kepala desa, agen, dan lain sebagainya sering kali tidak benar dan menyesatkan, dan biaya yang mereka kenakan beragam dari satu tempat ke tempat lain.

Dalam kebanyakan kasus, terdapat rekrutmen ilegal, di mana orang-orang diperdagangkan di luar dari kemauan atau pengetahuan mereka, dan mereka dipaksa masuk ke dalam jenis-jenis pekerjaan yang tidak mereka inginkan. (R1).*

 

Buku Panduan Buruh ILO Ketenagakerjaan Pekerja Pekerja Migran

Related Post

Leave a reply