ILO Ajak Pekerja Budayakan Keselamatan Kerja

56 views

keselamatan kerja k3

Reaktor.co.id, Jakarta – International Labour Organization (ILO) dan Kementerian Ketenagakerjaan RI  mengajak para pekerja untuk menerapkan norma-norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) saat bekerja.

“Penerapan K3 sebagai budaya dalam bekerja akan membuat kecelakaan kerja dapat diminimalisir dan tidak terulang,” kata Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Tenaga Kerja dan K3 (PPK dan K3) Kemnaker RI, Sugeng Priyanto, dalam Peluncuran Profil K3 Nasional dan Portal K3 untuk Kaum Muda, di Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Sugeng mengatakan, di era globalisasi ini kita harus mengantisipasi berbagai perubahan seperti pola kerja dan hubungan kerja baru, risiko kerja baru, perkembangan revolusi industri 4.0, serta penerapan K3.

Diharapkan semua komponen dapat menggunakan Profil K3 Nasional sebagai pedoman dalam perencanaan, implementasi, evaluasi dan peninjauan ulang pelaksanaan K3 di masing-masing sektor/stakeholder, seperti kementerian/lembaga/instansi, asosiasi pengusaha, konfederasi serikat pekerja/buruh, asosiasi profesi, perguruan tinggi, dan komunitas kaum muda.

Direktur ILO Jakarta, Michiko Miyamoto, menyebutkan tujuan Profil K3 Nasional dan portal K3 yaitu meningkatkan pengetahuan kaum muda tentang K3, memperkuat keterlibatan dari para stakeholder terkait perlindungan bagi kaum muda, serta memperkuat dialog nasional tentang K3 dalam mendukung budaya pencegahan tempat kerja yang lebih kuat.

“Ini merupakan bukti bahwa semua pemangku kepentingan K3 nantinya akan terus dapat meningkatkan kualitas implementasi K3 di Indonesia,” katanya Michiko dirilis Biro Humas Kemnaker. (R1/Kemnaker).*

K3 - Keselamatan Kesehatan Kerja

Buruh K3 Keselamatan Kerja Ketenagakerjaan Pekerja

Related Post

Leave a reply