Hong Kong Tujuan Utama Pekerja Migran Asal Malang

37 views
Pekerja Migran Indonesia Hong Kong

Pekerja Migran Indonesia Hong Kong di Victoria Park. (Foto: Getty Image)

Reaktor.co.id, Malang — Hong Kong menjadi negara tujuan  utama pekerja migran atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Malang. Pekerja migran Indonesia yang bekerja di Hong Kong sebanyak 1.699 orang, jauh lebih banyak dibandingkan yang bekerja di negara lain, seperti Singapura, Taiwan, dan Malayasia.

Menurut Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang, Achmad Djunaidi, angka pencari kerja di luar negeri hingga September 2018 sebanyak 2.680.

“Kebanyakan di antara para TKI/TKW memilih Hongkong,” katanya.

Selain Hong Kong, ada juga tenaga kerja asal Malang memilih Taiwan. Tenaga kerja yang ada di negara ini jumlahnya 630 orang, diikuti Singapura sebanyak 177 orang. Negara lain, seperti Arab Saudi dan Amerika, jumlahnya relatif sedikit.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Eko Darmawan, menambahkan, masalah klasik yang selalu berulang di kalangan pekerja migran menyangkut masa kontrak.

Ketika masa kontrak kerja di negara tujuan berakhir, seharusnya tenaga kerja yang bersangkutan kembali ke tanah air.

“Tapi ini tidak dilakukan. Kebanyakan mereka yang masa kerja selesai memilih tetap di negara yang sama atau pindah ke negara lain dengan majikan baru,” jelasnya.

Darmawan mengaku sulit mencegah praktek seperti ini. Dia beralasan Dinas Tenaga Kerja memiliki kewenangan memeriksa kelengkapan administrasi dan dokumen terkait pada saat keberangkatan. Proses pemberangkatan hingga di tempat tujuan menjadi tanggung jawab instansi lain.

Terkait calo, Darmawan tidak menampik dugaan adanya calo yang merekrut mereka secara ilegal. Selain calo, bisa juga melalui teman yang telah lebih dahulu berada di sana. (R1/beritajatim).*

 

hongkong Pekerja Pekerja Migran

Related Post

  1. author

    […] — Warga Hong Kong menggelar aksi demonstrasi besar-besaran non-stop sejak 9 Juni 2019 hingga kini. Kabar terbaru, […]

Leave a reply