Harteknas, Anak IT, dan Pengertian Teknologi Informasi

81 views

teknologi informasi

Reaktor.co.id — “Anak IT” jadi trending topic di Twitter, Rabu (28/8/2019), tanpa tagar. Pantauan Reaktor.co.id, hingga pukul 14.15 WIB lebih dari 15 ribu tweet. Isi cuitan pengguna Twitter beragam, dari yang serius hingga humor.

Anak IT menjadi topik tren terkait Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) 10 Agustus 2019 yang puncaknya digelar di Bali, Rabu 28 Agustus 2019.

Dilansir laman Ristek Dikti, penerbangan perdana pesawat buatan anak bangsa N-250 Gatot Kaca pada 10 Agustus 1995 di Bandung menjadi tonggak sejarah kebangkitan teknologi nasional. Pada 2017 kembali diterbangkan jenis pesawat baru N-219.

Tanggal 10 Agustus ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) berdasarkan Keppres Nomor 71 Tahun 1995. Hakteknas ke-24 tahun 2019 mengambil tema “Iptek Dan Inovasi Dalam Industri Kreatif 4.0”.

Peringatan Hakteknas 24-28 Agustus 2019 yang dipusatkan di Bali diisi dengan beragam kegiatan bidang sains dan teknologi

Pengertian IT dan TIK

IT adalah singkatan dari Information Technology atau Teknologi Informasi (TI). Penggunaan IT dan TI kerap bergantian dengan makna yang sama.

IT/TI adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Sederhananya, IT adalah teknologi pengolahan data menjadi informasi.

TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern seperti telepon seluler atau smartphone.

Menurut Information Technology Association of America, IT dalah pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks, dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi.

Pengertian praktisnya, IT adalah teknologi untuk memproses, memproduksi, dan menyimpan informasi. Informasi sendiri artinya “pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu” (KBBI).

Menurut Haag dan Keen (1996), TI adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Istilah TI sering ditambahkan Komunikasi sehingga menjadi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) atau ITC (Information Technologi and Communication).

Teknologi Komunikasi adalah alat untuk memproses dan menyebarluaskan informasi yang dihasilkan IT, seperti telepon dan situs web (website).

Martin (1999) berpendapat, TI tidak hanya terbatas pada teknologi komputer untuk proses dan penyimpanan informasi, tapi juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan dan menyebarkan informasi.

TI antara lain komputer, printer, CD Room, flashdisk, juga televisi, radio, telepon. Komponen TI ada tiga, yaitu perangkat keras (hard ware), perangkat lunak (soft ware), dan orang (brain ware).

Information Technology

Information Technology (Market Business News)

Sejarah IT

Manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi karena memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain.

Setelah itu, teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar, jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Informasi yang ada pun bertahan lebih lama dibandingkan bahasa.

Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.

Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.

Teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik, seperti radio, televisi, komputer, dan kini internet mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan. (Sumber: academia/wikipedia).*

 

Anak IT Pengertian IT Pengertian TI Teknologi Informasi TIK

Related Post

Leave a reply