Hari Santri Nasional 22 Oktober, ASN Diimbau Berbusana Ala Santri

376 views
Busana ASN Jabar Hari Santri Nasional

ASN Provinsi Jawa Barat Berbusana Santri di Hari Santri Nasional

Reaktor.co.id, Bandung — Memperingati Hari Santri Nasional (HSN), Selasa 22 Oktober 2019, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mengimbau seluruh aparaturnya untuk menggunakan pakaian ala santri.

Dalam surat edaran tertanggal 17 Oktober 2019, Pemprov Jabar mengimbau ASN di lingkungan pemerintah daerah Provinsi Jabar dan pemerintahan kota dan kabupaten se-Jawa Barat untuk menggunakan pakaian atasan koko dan bawahan sarung serta peci nasional bagi laki-laki dan pakaian muslim bagi peremuan.

ASN Kota Bandung juga diimbau menggunakan busana muslim. “Edaran kepada semua ASN Kota Bandung telah disampaikan, besok pakai baju Muslim,” ujar  Wali Kota Bandung, Oded M Danial.

Ia juga mengatakan, surat edaran tersebut juga sesuai dengan imbauan dari Pemprov Jabar. Saat disinggung, apakah laki-laki harus mengenakan sarung, Oded pun tersenyum.

“Enggak hanya pakai baju Muslim saja,” ujarnya.

Hari Santri Nasional

Logo Hari Santri Nasional 22 Oktober 2019

Hari Santri Nasional ditetapkan dalam Keputusan Presiden No 22 tahun 2015. Peringatan HSN ditetapkan oleh Presiden pada 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta.

Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk meneladankan semangat jihad kepada para santri tentang keindonesiaan yang digelorakan para ulama.

Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy’ari pada 22 Oktober 1945. Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan.

Pasukan Sekutu yang dimaksud adalah Inggris sebagai pemenang Perang Dunia II untuk mengambil-alih tanah jajahan Jepang, termasuk Indonesia. Di belakang tentaran Inggris, ada pasukan Belanda yang ikut membonceng.

Aspek lain yang melatarbelakangi penetapan HSN ini adalah pengakuan resmi pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga NKRI. (r1/pr/ant).*

 

ASN Jabar Busana Muslim Busana Santri Hari Santri Nasional

Related Post

Leave a reply