Selamat Hari Relawan Internasional 5 Desember 2019

374 views
Hari Relawan Internasional

Hari Relawan Internasional

Hari Relawan Internasional, Hari Sukarelawan Internasional, atau International Volunteer Day (IVD) diperingati setiap tanggal 5 Desember.

Hari Relawan Internasional 5 Desember ditetapkan Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk mempromosikan pekerjaan mereka di antara komunitas mereka, organisasi non-pemerintah (LSM), badan-badan PBB, otoritas pemerintah dan sektor swasta.

Selain memobilisasi ribuan relawan setiap tahun, program Relawan PBB (UNV) berkontribusi pada perdamaian dan pembangunan dengan mengadvokasi pengakuan relawan dan bekerja dengan mitra untuk mengintegrasikan kesukarelaan ke dalam program pembangunan.

Setiap tahun, lebih dari 6.500 relawan PBB melayani dengan entitas PBB di beberapa lingkungan yang paling menantang di seluruh dunia, dan 12.000 relawan online PBB menyelesaikan lebih dari 20.000 tugas online melalui layanan Relawan Online UNV.

Hari Relawan Internasional memberikan kesempatan bagi berbagai organisasi sukarelawan dan juga para relawan individu untuk menunjukan hasil kontribusi mereka pada tingkat lokal, nasional maupun internasional, dalam upaya mencapai Tujuan Pembangunan Milenium.

Menurut United Nations Development Programme (UNDP) tahun 2005, kerelawanan adalah sebuah bentuk perilaku sosial yang dilakukan atas dasar keinginan sendiri yang membawa manfaat bagi komunitas dan masyarakat secara keseluruhan serta tidak didorong oleh alasan keuangan.

Hari Relawan Internasional

Manfaat Menjadi Relawan

1. Jaringan

Dengan menjadi relawan, kita bisa bertemu dengan orang baru dan juga bisa memperluas jaringan. Menjadi relawan biasanya mengharuskan kita untuk bisa terhubung dengan orang banyak, dan tak jarang itu adalah orang yang justru belum kita kenal sama sekali.

Tapi, karena memiliki tujuan yang sama, yaitu sebagai relawan, pada akhirnya kita akan mengenal orang-orang baru tersebut. Keuntungan berkenalan dengan orang baru adalah, kita bisa memperluas koneksi pertemanan kita, dan bisa jadi dengan menjadi relawan justru kita bisa menemukan kesempatan baru.

2. Kepekaan Lingkungan

Menjadi relawan akan mengajarkan kita untuk bisa lebih peka terhadap lingkungan dan orang-orang di sekitar kita

Dengan menjadi relawan, kita dituntut untuk lebih peka terhadap isu ataupun permasalahan yang terjadi di sekitar kita. Relawan akan mengajarkan kita untuk tidak berdiam diri jika ingin ada perubahan ataupun kemajuan.

3. Peduli Sesama

Menjadi relawan akan membantu kita untuk lebih meningkatkan kepedulian dalam membatu sesama. Dengan menjadi relawan, kita akan diajarkan untuk lebih peduli dan tidak tidak tutup mata pada apa yang terjadi di sekelilingnya. Menjadi relawan bukan hanya pada saat bencana alam saja. Mengajar anak jalanan, itu juga merupakan salah satu bentuk kegiatan kerelawanan dalam bidang pendidikan.

4. Pengalaman dan Pelajaran

Dengan menjadi relawan, kita bisa mendapatkan pengalaman dan pelajaran baru yang bisa meningkatkan skill kita di bidang sosial

Terjun ke dunia kerelawanan, pasti akan sangat banyak memberikan kita pengalaman dan ilmu baru tentang kehidupan sosial yang ada dalam kehidupan kita. Dengan menjadi relawan, mungkin kita akan tahu tentang bagaimana cara memperlakukan orang yang sedang membutuhkan bantuan, kemudian bagaimana cara kita menyikapi isu-isu sosial dan berusaha untuk mengatasinya.

5. Syukur

Menjadi relawan, mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas apa yang Tuhan berikan pada hidup kita. Keinginan untuk membantu meringankan beban hidup seseorang, terkadang membuat kita berpikir sejenak bahwasanya di luar sana, masih banyak orang yang memerlukan uluran tangan kita, masih banyak anak yang putus sekolah karena terhambat dengan biaya.

Dengan menjadi relawan, justru kita akan diajarkan untuk bisa lebih mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan kepada kita, dan tidak lupa untuk selalu membantu sesama.

6. Ikhlas

Menjadi relawan mengajarkan kita untuk ikhlas melakukan kebaikan, meskipun tidak akan mendapatkan imbalan.

Dari namanya saja kita sudah tahu, kalau menjadi relawan berarti kita rela melakukan kebaikan meski tanpa diberi imbalan. Tapi, dari sanalah kita diajarkan tentang bagaimana sebuah keikhlasan itu ada, rela dalam membantu sesama tanpa mengharapkan balasan.

Selamat Hari Relawan Internasional! (UN)

Hari Relawan Internasional

Related Post

Leave a reply