Hari Ini Presiden Jokowi Diharapkan Terima Langsung Perwakilan Gekanas

160 views

Hari ini Gerakan Kesejahteraan Nasional ( Gekanas) yang merupakan aliansi Federasi Serikat Pekerja yang terdiri dari FSP KEP KSPSI, FSP LEM KSPSI, FSP RTMM KSPSI, FSP KEP KSPI, PPMI 1998, FSPI, FPAREF melakukan unjuk rasa besar-besaran di Istana Merdeka Jakarta. Unjuk rasa digencarkan untuk menolak revisi UU Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

Persiapan unjuk rasa di sekretariat Gekanas semalam (foto Akhmad Jazuli)

Reaktor.co.id – Berbagai elemen pekerja/buruh berharap agar Presiden Joko Widodo
bisa menerima langsung perwakilan Gekanas untuk mendengar langsung alasan serikat pekerja/buruh menolak revisi Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Presiden diharapkan bersikap adil terhadap kaum pekerja, karena selama ini Presiden sudah berulang kali menerima, mendengar dan menuruti aspirasi para pengusaha (Apindo). Kali ini diharapkan giliran wakil serikat pekerja bisa diterima langsung oleh Presiden.

Pagi buta Barisan Pelopor Serikat Pekerja sudah siaga di Monas untuk persiapan aksi unjuk rasa Gekanas 21/8/2019 ( Foto Akhmad Jazuli )

Menurut pantauan Reaktor.co.id semalam hingga pagi ini, persiapan aksi besar-besaran Gekanas sudah berlangsung di berbagai PUK atau serikat pekerja di tingkat pabrik di seluruh wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Bermacam alat peraga unjuk rasa seperti bendera,spanduk, poster sudah dipersiapkan hingga larut malam.

Mobil komando satuan tugas masing-masing DPC serikat pekerja sudah nampak di sekitar Monas sejak pagi buta. Formasi dan struktur barisan unjuk rasa sudah ditentukan di sekitar Monas dan sudah dikoordinasikan dengan pihak Polda Metro Jaya.

Aksi unjuk rasa Gekanas di depan Istana Merdeka dan sekitarnya akan diikuti sekitar 20 ribu pekerja. Acara unjuk rasa juga akan disertai dengan teatrikal, pembacaan puisi dan pertunjukan angklung. Juga atraksi oleh Barisan Pelopor (Bapor) yang merupakan satuaan khusus serikat pekerja. Juga akan dibentangkan spanduk sepanjang dua kilometer dan sejumlah poster dan karikatur bertema penolakan terhadap revisi UU Ketenagakejaan. (Totoksis).*

Istana Merdeka unjuk rasa Gekanas

Related Post

Leave a reply