FSP LEM SPSI Mukakuning Batam Ingatkan 8 Hak Dasar Pekerja

309 views

NFB

Reaktor.co.id, Batam – Dewan Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik, dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC FSP LEM SPSI) melakukan konsolidasi 4 penguatan (SDM, Keuangan, Advokasi dan Tertib Administrasi) di sekretariat PUK, daerah kawasan Batamindo Industri Kota Batam, Sabtu (5/10/2019).

Selain itu, DPC FSP LEM SPSI Mukakuning juga mengingatkan kembali kepada anggota PUK Nok Freudenberg Batam tentang delapan hak dasar yang harus dipahami sebagai seorang pekerja, penjabaran, beserta dasar hukum dari setiap hak dasar.

Kedelapan hak dasar pekerja itu adalah

1. Hak Dasar Atas Upah Layak.
2. Hak Dasar Atas Jaminan Sosial.
3. Hak Dasar Atas Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
4. Hak Dasar Untuk Membuat Perjanjian Kerja Bersama (PKB).
5. Hak Dasar Khusus Pekerja Perempuan.
6. Hak Dasar Atas Waktu Kerja, Istirahat, Cuti dan Libur.
7. Hak Dasar Atas Mogok Kerja.
8. Hak Dasar Mendapat Perlindungan Atas Tindakan PHK.

Dalam sosialisasi 4 penguatan anggota pun di beri kesempatan berdialog interaktif tentang permasalahan hubungan industrial maupun dunia ketenagakerjaan dan kebutuhan2 organisasi.

Sekretaris DPC F SP LEM Mukakuning, Batam, Daniel, MH, juga menekankan kepada PUK untuk skala memprioritaskan dalam pelayanan kepada anggotanya yang membutuhkan pelayanan.

“Ingat serikat buruh itu tempatnya masalah, tidak usah ditutup-tutupi kalau ada masalah, bukan masalah yang jadi masalah, bagaimana mengatasinya, itu yang sering jadi masalah,” kata Daniel.

“Sebaliknya, serikat yang selalu bilang ‘di tempat kerja kami tidak ada masalah’ itu justru serikatnya yang bermasalahan,” kata Daniel.

Di tempat terpisah, Ketua PUK Nok Freudenberg Batam, Reko Wahyono, memberi apresiasi kepada DPC FSP LEM SPSI Mukakuning, Batam, dalam sosialisasi penguatan organisasi yang berfokus pada tertib administrasi laporan keuangan dalam berorganisasi ujarnya. (hsn).*

 

Batam FSP LEM SPSI Serikat pekerja

Related Post

Leave a reply