FSP KEP KSPI Jawa Tengah Tolak Revisi UU Ketenagakerjaan

160 views

DPD FSP KEP KSPI Jateng (koranburuh)

Reaktor.co.id – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan, Minyak, Gas Bumi dan Umum (FSP KEP) Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jawa Tengah sepakat menolak rencana revisi UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (UUK).

Alasannya, revisi UUK tersebut disinyalir tidak lebih baik dari UUK yang saat ini berlaku dan diterapkan. Apalagi, 37 pasal dalam UUK yang dikabarkan akan direvisi condong merugikan kepentingan buruh. Di antaranya, usulan pesangon dikurangi dari 9 menjadi 5 item, sementara pemerintah mengusulkan 7 item.

Kemudian terkait PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) menjadi 5 tahun, dan juga soal upah per jam dan upah padat karya yang potensial menimbulkan diskriminasi upah bagi pekerja di Indonesia.

“Kami sepakat menolak revisi jika merugikan pekerja,” tegas Wakil Sekretaris Bidang Infokom DPD FSP KEP KSPI Jawa Tengah, Mustolah, Sabtu (20 Juli 2019).

Pihaknya akan membuat petisi, memasang atribut penolakan revisi UUK, dan akan mengadakan audiensi dengan pemerintah daerah dan DPRD Jawa Tengah

“Kami menunggu dan mengikuti instruksi lanjutan dari DPP FSP KEP KSPI terkait penolakan atas revisi UU Ketenagakerjaan tersebut,” tandasnya. (AF/koranburuh)*

fsp kep kspi pkwt reaktor tolak revisi uu ketenagakerjaan uang pesangon

Related Post

Leave a reply