Ekses Mogok Kerja 50.000 Pekerja di AS, General Motors PHK 1.200 Orang di Kanada

69 views

Image result for general motors

Reaktor.co.id – Perusahaan otomotif Amerika Serikat (AS), General Motors (GM), terpaksa mem-PHK sementara 1.200 pekerjanya pabrik perakitan Oshawa di Kanada. Keputusan PHK itu diterbitkan pada Rabu (18 September 2019).

PHK itu merupakan imbas dari aksi mogok kerja di seluruh fasilitas perusahaan di Negara Paman Sam itu, yang dilakukan oleh hampir 50.000 pekerja GM yang tergabung dalam Serikat Pekerja United Auto atau United Auto Workers (UAW), sejak Senin (16 September 2019) lalu.

Image result for general motors

UAW menggelar aksi pemogokan UAW karena menuntuty upah per jam yang lebih tinggi, pembayaran tunggal, serta rencana pembagian keuntungan yang lebih baik. Hingga hari ini, belum tercapai kata sepakat antara pihak serikat pekerja dan manajemen GM.

Aksi pemogokan itu menyebabkan fasilitas GM di Kanada kehabisan suku cadang pada Selasa waktu setempat. Eksesnya, pabrik yang membuat truk pickup Chevy Silverado dan GMC Sierra itu tidak dapat beroperasi.

Manajemen GM Kanada akhirnya memutuskan untuk mem-PHK sementara 1.200 pekerja pabriknya.

Diberitakan CNN, Selasa (17/9 2019), 50.000 orang pekerja penuh waktu dan sementara yang berasal dari 31 perusahaan GM dan 21 perusahaan lainnya yang tersebar di 9 negara bagian AS melakukan aksi mogok kerja.

Aki mogok kerja besar-besaran yang melibatkan 50.000 pekerja GM itu disebut-sebut sebagai aksi mogok kerja yang pertama dan terbesar dari serikat pekerja di dunia industri otomotif AS dalam 12 tahun terakhir. (AF)*

general motors kanada mogok kerja PHK Serikat pekerja

Related Post

Leave a reply