Efektivitas Job Fair Serap Tenaga Kerja Dipertanyakan

43 views

Job Fair Gianyar Bali

Reaktor.co.id, Bali — Efektivitas bursa kerja (job fair) dalam menyerap tenaga kerja dan mengatasi pengangguran dipertanyakan.

Disnaker atau penyelenggara kegiatan diharapkan memiliki data akurat seberapa banyak calon pekerja bisa meraih pekerjaan pada perusahaan yang membuka lowongan pada setiap Job Fair.

Kritik membangun terhadap kegiatan job fair ini dikemukakan Anggota DPRD Gianyar, I Wayan Gde Sudarta, terkait kegiatan rutin Ditjen Binapenta dan PKK Kemenaker RI bersama Pemkab Gianyar melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar menggelar job fair hampir setiap tahun.

Terakhir, Job Fair digelar di areal parkir Stadion Kapten I Wayan Dipta, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali, Kamis (10/10/2019).

Meski mendukung kegiatan ini, namun Sudarta mempertanyakan output akhirnya. Sejak diadakan beberapa tahun lalu, belum ada data melalui evaluasi kegiatan.

“Mestinya Disnaker atau lembaga dari pusat yang menggelar kegiatan ini punya data akurat seberapa banyak calon pekerja bisa meraih pekerjaan secara pasti pada perusahaan yang membuka lowongan pada setiap Job Fair. Logikanya,” katanya.

Karena kegiatan ini rutin, lanujut Sudarta, maka ouputnya pasti bagus.

“Tapi bagusnya seperti apa? Kalau tak ada data berapa banyak calon pekerja terserap di perusahaan yang diikutkan dalam Job Fair, kan sama dengan mubazir,” jelasnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Gianyar, Anak Agung Dalem Jagadhita, mengaku belum pernah ada kajian akhir tentang hasil guna job fair di Gianyar.

“Nanti akan kami kaji, seberapa efektif Job Fair ini menghubungkan pencari kerja dengan penyedia kerja,” ujarnya.

Dia mengatakan, job fair ini bertujuan mempertemukan pencari kerja dengan penyedia kerja (perusahaan). Acara ini mempermudah proses kesempatan kerja sekaligus penerapan sistem rekrutmen tenaga kerja secara transparan dan kompetitif.

Kepala Bidang Perluasan dan Kesempatan Kerja Disnaker Gianyar I Wayan Prayana SE mengatakan, Job Fair Gianyar Tahun 2019 diikuti oleh 30 perusahaan lokal dan nasional, dengan penempatan tenaga kerja regional Bali, termasuk penempatan tenaga kerja ke luar negeri, dengan jumlah lowongan 2.424 orang.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) periode Februari 2019, jumlah angkatan kerja Indonesia 136.18 juta. Dari data ini, jumlah pengangguran 6.82 juta orang, dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 5.01 persen.

Data BPS Kabupaten Gianyar, total TPT Kabupaten Gianyar pada Agustus 2018 sebesar 1,60 persen atau sebesar 4.978 orang. (rml/nusabali).*

Bali Bursa Kerja Job Fair Lowongan Kerja

Related Post

Leave a reply