Dua Mahasiswa Gugur Saat Unjuk Rasa, Wiranto Agar Dicopot

131 views

Gugurnya dua orang mahasiswa dalam aksi unjuk rasa di Kendari (26-9-2019) adalah tragedi nasional yang sangat memilukan. Negara harus bertanggung jawab dan mengusut tuntas, jangan ada kebohongan atau rekayasa penyebab terjadinya insiden. Wiranto dituding sebagai pihak yang paling bertanggung jawab terhadap korban-korban yang berjatuhan saat aksi unjuk rasa akhir-akhir ini.

Reaktor.co.id – Dua mahasiswa Universitas Halu Oleo di Kendari, yakni Randi (21) dan Yusuf (19) tewas saat berdemonstrasi.

Pimpinan Komisi III DPR menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar mencopot Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto.

“Kami selaku anggota Komisi Hukum DPR RI, meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk mencopot Menko Polhukam Wiranto karena terbukti gagal dalam melakukan antisipasi terhadap persoalan politik dan keamanan yang menjadi domain wilayah kerjanya,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR, Erma Ranik, dalam keterangan persnya, Jumat (27/9/2019), seperti dikutip detik.com.

Demonstrasi terjadi di banyak tempat di Indonesia. Namun tewasnya dua mahasiswa di Kendari Sulawesi Tenggara itu dinilai sebagai kegagalan Menko Polhukam Wiranto dalam menangani kondisi.

Wiranto

Selain itu, Komisi III DPR meminta Kapolri untuk mengusut tuntas peristiwa tersebut, termasuk pelaku yang mengakibatkan tewasnya Randi dan Yusuf. Kapolri diminta harus mencopot Kapolda Sulawesi Tenggara.
“Copot Kapolda Sulawesi Tenggara karena terbukti tidak profesional dalam menangani aksi demonstrasi,” kata Erma.

Ditempat terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Najih Prastiyo mengatakan kader IMM yang tewas dalam unjuk rasa di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menunjukkan adanya pelanggaran kemanusiaan. Persoalan yang begitu serius.

“Ini persoalan kemanusiaan yang hari ini dilanggar oleh aparat di sana,” kata Najih di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta seperti dilansir Antara, Jumat (27/9/2019).

Najih mengemukakan Randi adalah kader IMM yang aktif di sejumlah organisasi. Almarhum adalah korban kekerasan saat unjuk rasa dan meninggal dengan luka bekas peluru di dada. (TS).*

Mahasiswa gugur saat unjuk rasa Wiranto

Related Post

Leave a reply