DPD FSP LEM DKI Jakarta Beri Pembekalan pada Tim Perunding Dewan Pengupahan

110 views

Peserta acara pembekalan Tim Perunding Dewan Pengupahan Provinsi DKI Jakarta (Foto: Kardi)

Reaktor.co.id — Dewan Pimpinan Daerah Federasi Serikat Pekerja (FSP) Logam, Elektronika, Mesin (LEM) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPD FSP LEM SPSI) DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan pembekalan teknis kepada Tim Perunding Dewan Pengupahan DKI Jakarta, di Jakarta, Kamis  (5 September 2019).

Sebagai pemberi materi, DPD FSP LEM SPSI DKI Jakarta mengundang Abdulatif dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta. Abdulatif menyampaikan materi tentang kiat dan tata cara membaca dan memahami statistik pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Suasana pembekalan Tim Perunding Dewan Pengupahan DKI Jakarta oleh Abdulatif dari BPS DKI Jakarta (Foto: Kardi)

Menurut Abdulatif, yang dimaksud dengan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) adalah standar kebutuhan seorang pekerja/buruh untuk dapat hidup layak baik secara fisik maupun nonfisik.

“KHL adalah dasar untuk menentukan UMP (Upah Minimim Provinsi), yang diperoleh berdasarkan survey sebagai pembanding dalam penetapan UMP. Sampel survey harus merepresentasikan populasi di provinsi tersebut,” terang Abdulatif.

Abdulatif dari BPS DKI Jakarta saat memberikan pembekalan (Foto: Kardi)

Peran Tim Perunding Dewan Pengupahan DKI Jakarta sangat krusial dalam penentuan UMP. Karenanya, lanjut Abdulatif, DPD FSP LEM SPSI DKI Jakarta harus memberikan sarana disiplin ilmu pengetahuan ataupun kegiatan pembekalan semacam ini, yakni dalam rangka memberikan pemahaman tentang cara  membaca statistik ekonomi sebagai pembanding.

Peserta kegiatan pembekalan yang berasal dari perwakilan dan DPC FSP LEM SPSI Jakarta Timur, DPC FSP LEM SPSI Jakarta Barat, dan DPC FSP LEM SPSI Jakarta Utara tampak antusias menyimak materi yang dipaparkan Abdulatif. (AF/KARDI)*

 

BPS dewan pengupahan dki jakarta DPD FSP LEM SPSI DKI Jakarta kebutuhan hidup layak KHL pembekalan reaktor

Related Post

  1. author

    […] DPD FSP LEM DKI Jakarta Beri Pembekalan pada Tim Perunding Dewan Pengupahan […]

Leave a reply