Dinilai Aman sebagai Ibu Kota Baru Indonesia, Kaltim Ternyata Diguncang Gempa Mei 2019 

350 views

BMKG mencatat, wilayah Kabupaten Paser adalah kawasan yang paling sering terjadi gempa di Provinsi Kaltim. Telah terjadi gempa sebanyak 10 kali dengan magnitudo kurang dari M=5,0 di wilayah ini , berdasakan data katalog gempa BMKG.

lokasi ibu kota baru kaltim

Reaktor.co.id — Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan lokasi ibu kota baru yakni sebagian berada di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan sebagian lagi berada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Kedua kabupaten berada di provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur,” demikian kata Jokowi saatmengumumkan lokasi ibu kota baru di Istana Negara, Jakarta, Senin (26 Agustus 2019).

BACA JUGA: Profil Ibu Kota Baru Indonesia: Kabupaten Penajam Paser Utara & Kutai Kartanegara

Rupanya, ada dasar pertimbangan khusus mengapa Kaltim yang dipilih Jokowi sebagai lokasi ibu kota negara. Apa itu? Kata Jokowi, risiko bencana di Kaltim minimal, baik bencana banjir, gempa bumi, gelombang tsunami, gunung berapi maupun tanah longsor.

“Kaltim cenderung minim risiko bencana baik kebakaran hutan maupun gempa, lokasi juga strategis, berada di tengah Indonesia, dekat wilayah kota yang sudah berkembang,” ujar Jokowi.

Namun, pertimbangan keamanan secara geologis tersebut agaknya masih berpotensi menuai perdebatan (debatable). Apa pasal? Sebab, pada tahun 2019 ini juga telah terjadi gempa bumi di Kabupaten Paser Kaltim.

 

Peta wilayah Kabupaten Paser, Kaltim

Berdasarkan rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah Kecamatan Longkali, Kabupaten Paser (salah satu kabupaten di Kaltim, yang secara geografis sangat dekat dengan Kabupaten PPU), Kaltim, telah diguncang gempa tektonik pada hari Minggu (19 Mei 2019), pukul 20.13.07 WIB malam.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa ini berkekuatan M=4,1,” kata Daryono, Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, dikutip dari viva.co.id.

Peta wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim

Daryono menambahkan, wilayah Kabupaten Paser adalah kawasan yang paling sering terjadi gempa di Provinsi Kaltim. Data katalog gempa BMKG mencatat, di wilayah ini sudah terjadi gempa sebanyak 10 kali dengan magnitudo kurang dari M=5,0.

Sekadar informasi, wilayah Kabupaten Paser ini adalah kawasan perlintasan jalur Sesar Adang/Paternoster yang berarah tenggara-barat laut. Sesar ini dari Kalimantan menerus ke arah timur menyeberang Selat Makassar hingga Sulawesi Barat. (AF)*

 

ibu kota negara Kutai Kartanegara Penajam Paser Utara reaktor wilayah gempa bumi

Related Post

Leave a reply