Diklatsar Barisan Pelopor Angkatan X, Jadi Motor Penggerak Organisasi

163 views


Reaktor.co.id – Sebanyak 19 orang kader PUK SP LEM SPSI PT Astra Daihatsu Motor yang terdiri dari Pengurus PUK, Komisaris serta anggota dari Karawang Casting Plant (KEP) bersama 180 kader FSP LEM SPSI dari seluruh Indonesia mengikuti DIKLATSAR 1 BARISAN PELOPOR FSP LEM SPSI angkatan X. Diselenggarakan tanggal 25-27 Oktober 2019 di Kampung Kahuripan Cirangkong Purwakarta Jawa Barat.

Rombongan Cabapor dari PUK SP LEM SPSI PT. ADM dilepas oleh ketua PUK Jamal Ali serta Sekretaris PUK Yoga F. Prasetya dari Learning Center untuk menuju Rest Area KM.72 tol Cipularang sebagai titik kumpul pertama peserta DIKLATSAR BAPOR Angkatan X.

Diharapkan melalui DIKLATSAR BAPOR ini peserta dapat menjadi motor penggerak dan penerus organisasi serta memiliki soliditas dan jiwa corsa yang terbentuk dari rangkaian acara seperti tracking, halang rintang dan games beregu, materi kebaporan, leadership serta penguatan organisasi, peraturan baris berbaris serta simulasi unjuk rasa.

PUK SP LEM SPSI PT. Astra Daihatsu Motor berkomitmen akan terus mengirimkan kader-kader terbaiknya guna mengikuti DIKLATSAR BAPOR LEM berikutnya sehingga mampu menjaga dan mengawal organisasi FSP LEM SPSI.

Peran Satuan Khusus

Peran satuan khusus serikat pekerja sangat penting dalam aksi unjuk rasa. Satuan atau pasukan khusus serikat pekerja mampu menciptakan deterrent effect atau daya getar kepada pihak lain. Hampir semua organisasi serikat pekerja memiliki pasukan khusus. Untuk FSP LEM SPSI ada pasukan khusus yang bernama BAPOR ( Barisan Pelopor).

BAPOR memiliki fungsi yang sama dengan yang lain sebagai pelindung organisasi, penegak disiplin, pembangkit solidaritas, pendorong konsolidasi organisasi serta bisa digerakkan dalam kondisi darurat seperti bla terjadi bencana alam atau kerusuhan sosial politik.

Militansi organisasi serikat pekerja bisa diukur dari kondisi pasukan khusus diatas. Miitansi merupakan modal yang sangat berharga bagi organisasi. Militansi Serikat Pekerja menandakan semangat tinggi dan etos yang menggelegar dalam mencapai tujuan.

Militansi berasal dari kata Latin ‘militare’, yang berarti kesetiaan mengabdi layaknya seorang tentara serta ketangguhan dalam berjuang.

Tidak mudah untuk menjadi anggota satuan khusus, seperti BAPOR. Mesti mengikuti diklatsar untuk digembleng dengan keras guna mencetak anggota yang militan, kuat mental dan tinggi solidaritas.

Dalam setiap aksi unjuk rasa pasukan khusus SP mampu membuat aksi berjalan aman dan tertib, sehingga apa yang menjadi harapan dalam perjuangan melalui aksi massa bisa mencapai target, mendapat perhatian serius. Serta mampu menjadi bahan pemberitaan media massa secara luas.

Pasukan khusus SP selain berperan sebagai diterent efek juga berhasilan menggerakkan massa untuk meningkatkan eskalasi gerakan SP di Indonesia. Eksistensi pasukan khusus SP telah menghadirkan semangat baru dalam perjuangan serikat pekerja. Satuan khusus ini secara konsisten dan sigap telah mengawal setiap aksi massa yang dilakukan SP baik dalam tingkat nasional maupun daerah untuk memastikan aksi berjalan aman dan tertib. (TS).*

diklatsar Bapor

Related Post

Leave a reply