Di Depan Massa Aliansi Buruh Banten Bersatu, Fraksi Nasdem DPR: Tak Ada Revisi UU 13/2003

171 views

Anggota DPR RI Fraksi Nasdem bersama perwakilan Aliansi Buruh Banten Bersatu di Gedung DPR RI

Reaktor.co.id, Jakarta – Saat berdemonstrasi di Gedung DPR RI, Rabu (21 Agustus 2019), perwakilan dari puluhan ribu massa yang tergabung di dalam Aliansi Buruh Banten Bersatu disambut dengan baik oleh aparat kepolisian, pengamanan dalam DPR RI, dan Sekretariat Jenderal DPR RI.

Mengingat hampir seluruh anggota DPR RI tengah berada di daerah masing-masing, perwakilan Aliansi Buruh Banten Bersatu diterima oleh beberapa anggota Fraksi Nasdem DPR RI.

BACA JUGA: Puluhan Ribu Massa Aliansi Buruh Banten Bersatu ‘Geruduk’ DPR/MPR

Di pertemuan itu, perwakilan Aliansi Buruh Banten Bersatu kembali menegaskan aspirasi penolakan terhadap rencana pemerintah dan pengusaha merevisi UU Ketenagakerjaan.

Anggota DPR RI Fraksi Nasdem beraudiensi dengan perwakilan Aliansi Buruh Banten Bersatu di ruang Set Fraksi Nasdem DPR RI

Dedi Sudrajat, SH, MH, MM, juru bicara Aliansi Buruh Banten Bersatu, menyampaikan pernyataan sikap tentang penolakan revisi UU Ketenagakerjaan.

“Aliansi Buruh Banten Bersatu tidak ingin kecolongan dengan adanya pengesahan revisi oleh fraksi-fraksi terutama yang pro pemerintah,” kata Dedi Sudrajat, yang juga menjabat Ketua DPD KSPSI Banten.

Merespons pernyataan sikap Aliansi Buruh Banten Bersatu, anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem, Irma Suryani didampingi oleh tim ahli Fraksi Nasdem,  menegaskan bahwa Fraksi Nasdem  sejauh ini belum pernah menerima draf revisi UU Ketenagakerjaan.

Irma menambahkan, proses revisi terhadap sebuah UU tidak semudah membalikan telapak tangan. Ada prosedur resmi yang harus ditempuh, antara lain pengkajian dengan meminta pendapat dari berbagai pihak yang terkait (stakeholder) antara lain asosiasi pengusaha, Kemenaker, akademisi, dan tentu saja perwakilan dari serikat pekerja/buruh.

“Merevisi sebuah undang-undang tidaklah tidak seperti peristiwa pembangunan Roro Jongrang. Hanya dengan mantra ‘sim salabim’ begitu saja. Banyak tahapan yang harus dilalui. Persetujuannya pun harus diparipurnakan yang dihadiri semua fraksi di DPR,” ungkap Irma Suryani.

Anggota DPR RI Fraksi Nasdem menemui massa aksi Aliansi Buruh Banten Bersatu di depan gedung DPR

“Apalagi, dengan masa jabatan anggota DPR RI periode 2014-2019 yang akan segera berakhir, tinggal menghitung hari, sudah tidak ada waktu lagi untuk melakukan revisi undang-undang, termasuk revisi UU Ketenagakerjaan,” lanjut Irma.

Usai pertemuan, perwakilan Aliansi Buruh Banten Bersatu meminta Irma Suryani untuk menemui massa yang tengah menanti di depan gerbang gedung DPR RI.

Di atas mobil komando, Irma kembali mengulangi pernyataannya dalam pertemuan dengan perwakilan Aliansi Buruh Banten Bersatu. Tak ayal, konfirmasi yang disampaikan secara terbuka oleh Irma tersebut disambut gegap gempita oleh massa. (AF)*

Aliansi Buruh Banten Bersatu irma suryani nasdem reaktor Revisi UU Ketenagakerjaan Serikat pekerja

Related Post

  1. author

    […] BACA JUGA: Di Depan Massa Aliansi Buruh Banten Bersatu, Fraksi Nasdem DPR: Tak Ada Revisi UU 13/2003 […]

Leave a reply