Demo Mahasiswa Papua di Jakarta Suarakan Tutup Freeport dan Referendum

108 views

Demonstran memanfaatkan momentum protes rasis dengan menyuarakan penutupan Freeport dan tuntutan referendum untuk penentuan nasib sendiri (Papua Merdeka).

demo papua jakarta

Reaktor.co.id, Jakarta — Ratusan pemuda dan mahasiswa asal Papua menggelar aksi demonstrasi di sekitar Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

Massa pengunjuk rasa yang menamakan diri Aliansi Mahasiswa Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme, dan Militerisme itu menggelar aksi demo untuk menyikapi kasus rasis di Surabaya.

Mengusung tema “Berikan Hak Menentukan Nasib Sendiri untuk Mengakhiri Rasisme dan Penjajahan di West Papua”, mayoritas pria peserta aksi bertelanjang dada. Demonstran lainnya mengenakan kaus dan ikat kepala berlambang Bintang Kejora yang merupakan simbol pendukung Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Awalnya massa berusaha menggelar aksi di depan Istana Merdeka. Namun, di tengah perjalanan, aparat keamanan dari satuan Brimob dan TNI AD memblokade mereka.

Salah seorang peserta aksi berusaha menerobos barisan aparat, namun tak berhasil menembus barisan. Aksi saling dorong antara massa dengan aparat pun terjadi.

Salah satu spanduk yang dibawa peserta aksi bertuliskan tuntutan “Usir Orang Papua Pulang ke Tanah Airnya, Maka NKRI Harus Keluar dari Tanah Papua sebagai Jalan Paling Demokratis”.

Spanduk lainnya berisi tuntutan “Tutup Freeport dan Berikan Hak Penentuan Nasib Sendiri bagi Bangsa West Papua”.

Massa aksi juga meneriakkan yel-yel terkait tuntutan kemerdekaan Papua. Teriakan “Papua” dari massa aksi disambut dengan jawaban “Merdeka” dari peserta demo lainnya.

Selain itu, dilansir CNN Indonesia, massa demonstran juga memekikkan “Referendum Papua” di tengah jalannya aksi.

Aksi demonstrasi juga berlangsung di dua kota berbeda di Papua, yaitu Nabire, Kabupaten Nabire, dan Dekai, Kabupaten Yakuhimo, Papua.

Dilansir Antara, aksi demo yang berlangsung di kedua kota itu  berlangsung kondusif dengan pengawalan aparat keamanan.

“Situasi keamanan di kedua kota masih kondusif,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Rudolf Rodja, kepada wartawan di Jayapura.

Menurutnya, dari laporan yang diterima, massa melakukan penyampaian aspirasi pada demo tersebut. “Mudah-mudahan demo berlangsung aman sehingga situasi kamtibmas tetap kondusif,” harapnya.

Aksi demo yang dilakukan masyarakat Papua merupakan ungkapan protes atas insiden yang terjadi di Surabaya dan Malang. Warga Papua di Manokwari dan Jayapura menggelar aksi turun ke jalan yang diikuti aksi warga di beberapa kota di antaranya, seperti Merauke, Biak, Serui, Nabire, dan Timika.

Warga Papua di kota-kota lainnya, seperti Kota Bandung dan Jakarta, juga menggelar aksi serupa.*

 

Aksi Demonstrasi Demo Papua Mahasiswa Papua

Related Post

  1. author

    […] BACA JUGA: Demo Mahasiswa Papua di Jakarta Suarakan Tutup Freeport dan Referendum […]

Leave a reply