Demo Hong Kong: Pekerja Migran Indonesia Baik-Baik Saja

88 views
demo hong kong

Akdi demo warga Hong Kong (CNN Indonesia).*

Reaktor.co.idAksi demonstrasi warga Hong Kong untuk menentang RUU Ekstradisi menimbulkan kekhawatiran akan nasib ribuan pekerja migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Negeri Beton itu.

Pihak KJRI Hong Kong juga sudah memberikan imbauan dan pemantauan bagi PMI di Hong Kong yang hampir semuanya wanita.

Namun, secara umum kondisi PMI atau Buruh Migran Indonesia (BMI) di Hong Kong baik-baik saja. Hanya saja, sebagian aktivitas terganggu dan PMI tidak bisa menikmati hari libur seperti biasanya.

“Kondisi teman-teman BMI baik-baik saja, karena itu (aksi demo) urusan negara mereka. Kita menghormati dan mendukung yang terbaik untuk Hong Kong,” kata seorang BMI, Rimawati, kepada Reaktor.co.id, Rabu (14/8/2019) sore.

“Cuma jadinya sebagian aktivitas kegiatan terganggu karena demo berada di berbagai titik wilayah Hong Kong. Kita juga ‘gak bisa menikmati liburan seperti biasanya karena situasi yang tidak kondusif,” imbuhnya.

Menurut Rima yang sudah 10 tahun bekerja di Hong Kong, sebenarnya ketika para demonstran rally para BMI berada di kerumunan dan masih bisa lewat sebenarnya, bahkan diberi jalan lewat.

“Tapi sekarang ‘kan demonya makin ramai dan ‘gak aman, jadi yang penting hindari daerah-daerah demo untuk keselamatan. Ketika libur, jadinya pulang rumah lebih awal karena khawatir terjebak demo, apalagi sekarang demonya lebih ramai dan parah, khawatir kena sasaran dan takut ‘gak bisa pulang karena transportasi juga gak jalan,” pungkasnya.*

 

BMI Hong Kong Demo Hong Kong PMI Hong Kong

Related Post

Leave a reply