Daftar Skill Digital yang Dibutuhkan Saat Ini

194 views

Daftar Skill Digital yang Dibutuhkan Saat Ini

Reaktor.co.id — Digitalisasi dan skill digital menjadi keniscayaan di era digital saat ini. Banyak pekerja bahkan sudah digantikan robot akibat digitalisasi.

Karenanya, skill digital atau keterampilan digital sangat dibutuhkan kalangan pekerja/buruh. Berikut ini daftar skill digital yang dibutuhkan saat ini.

Keterampilan digital (digital skill) atau skill digital adalah kemampuan dalam memahami, mengoperasikan, menggunakan dan memanfaatkan teknologi untuk mengakses dan mengelola informasi.  Teknologi yang dimaksud bisa berupa perangkat digital (software/hardware) sampai jaringan.

Menurut Co-Founder GMC Group, Lendy Yustena, saat ini di antaranya terdapat 9 skill digital yang sangat dibutuhkan di dunia industri, yaitu coding, web development, app development, UI/UX design, project management, SEO, excel, copywriting, dan social media marketing. (Industry)

1. Programming (Web/Mobile)

Programming biasa dikenal dengan codingnya karena coding merupakan suatu kegiatan memasukkan, mengoperasikan, menyusun kode atau bahasa komputer.

Banyak sekali bahasa komputer yang bisa digunakan. Mulai dari C++, PHP, HTML, Java, Python, dan masih banyak lainnya. Semua bahasa itu digunakan sesuai kebutuhan masing-masing.

2. Design UI/UX

Desain User Interface (UI) atau User Experience (UX) adalah skill yang bertujuan untuk memberikan pengalaman penggunaan suatu aplikasi atau website dengan cara mendesain user interface atau tampilan pengguna.

UI/UX designer tidak hanya sekedar bekerja untuk mendesain sebuah tampilan pengguna, namun mereka juga membuat user experience yang baik.

User experience yang baik bisa berupa seperti contoh ; pengguna tidak kesusahan memakai aplikasi (easy to use) atau bahkan pengguna disuguhkan tampilan yang menarik dan tidak membosankan.

Skill diigital yang dibutuhkan ini bisa dipelajari dengan beberapa tools, seperti Figma, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Coreldraw, dan masih banyak lagi.

3. Data Analyst

Analis data sangat dibutuhkan saat ini. Kehadiran big data di internet memerlukan analisis untuk berbagai kepentingan, termasuk marketing dan politik.

Kemampuan analisa data sangat dibutuhkan untuk menganalisa data digital dari berbagai sumber, seperti situs web atau bahkan mobile app. Data analyst bertanggung jawab untuk menerjemahkan berbagai data sehingga dapat diolah dan dijadikan laporan agar perusahaan membuat pilihan dan strategi yang tepat.

Digital skill yang satu ini sangat dibutuhkan sebuah perusahaan karena seorang data analis berperan penting untuk mencari solusi di suatu masalah bisnis.

4. Project Management

Project management adalah suatu digital skill yang bertujuan untuk memanajemen suatu proyek mulai dari perancangan awal, implementasi serta evaluasi hingga ke pemeliharaan. Orang yang bertanggung jawab dalam berlangsungnya suatu proyek di dalamnya ialah project manager.

Project manager harus mempunyai kemampuan komunikasi, negosiasi, dan pengetahuan terhadap proyek yang dilaksanakan.

5. SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin pencari. Skill ini dipergunakan untuk meningkatkan ranking sebuah website pada mesin pencarian –khususnya Google– sehingga traffic suatu web perusahaan ikut naik.

SEO dibutuhkan karena mayoritas pengguna internet mencari informasi melalui mesin telusur, khususnya Google. SEO inilah yang akan mengoptomalkan website dan kontennya agar mudah terindeks dan mendapat peringkat teratas di halaman hasil pencarian (SERP) Google.

Anda bisa belajar SEO dengan blogging (ngeblog). Ngeblog bukan hanya menulis atau membuat postingan, tapi juga menerapkan SEO.

6. Copywriting

Copywriting adalah penulisan naskah iklan. Copywriting merupakan pengemasan pesan yang menarik untuk ditampilkan dalam sebuah promo produk atau jasa.

Copywriting adalah sebuah metode pembuatan materi pemasaran yang dapat membujuk pembaca di dalamnya guna melakukan berbagai tindakan yang dibutuhkan.

Konten yang dihasilkan seorang copywriter akan berperan penting terhadap produk yang dijual. Digital skill yang satu ini mengandalkan bagaimana ia menghadirkan beberapa aspek seperti attention, interest, desire dan action (AIDA) melalui riset mendalam pada kontennya.

7. Social Media Strategy

Era media sosial membuat pengguna internet aktif membuka atau menggunakan berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Skill digital yang satu ini digunakan untuk mengatur strategi dalam pengelolaan akun media sosial untuk kepentingan bisnis atau lembaga.

Strategi media sosial dibutuhkan guna mengatur postingan, konten, atau kampanye yang menarik agar menghadirkan brand awareness dan traffic, bahkan menganalisis dan tracking suatu insight sosial media.

Seorang social media strategist bukan hanya sebagai admin medsos, melainkan konseptor dan analis performa media sosial.*

 

Digital Skill Skill Digital

Related Post

  1. author

    […] — SEO merupakan salah satu skill digital yang dibutuhkan saat ini. SEO muncul seiring perkembangan teknologi internet dan […]

  2. author

    […] kreatif saat ini umumnya terkait dengan dunia digital atau internet. Karenanya, Anda harus memiliki skill digital untuk terjun ke bidang […]

Leave a Reply