Daftar Profesi Paling Menjanjikan di Masa Depan

98 views

Reaktor.co.id — World Economic Forum (WEF) belum lama ini merilis daftar pekerjaan (job) atau profesi paling menjanjikan di masa kini dan depan (The Future of Jobs Report), khususnya dikaitkan dengan era internet atau teknologi komunikasi dan informasi (IT).

Buruh Pekerja Karyawan Pegawai

Daftar profesi ini sekaligus menjadi gambaran pasar kerja masa kini dan masa depan, serta keterampilan (skillss) yang dibutuhkan.

Daftar Profesi Paling Menjanjikan di Masa Depan

1. Spesialis SEO

Spesialias SEO adalah orang yang khusus menerapkan SEO (Search Engine Optimization) atau pengoptimalan mesin pencari pada website instansi/perusahaan atau toko online.

Tujuan penerapan SEO adalah agar website mudah dan cepat terindeks mesin pencari (khususnya Google) sehingga mendapatkan peringkat teratas di halaman hasil pencarian Google, Bing, dan mesin telusur lainnya.

Peringkat teratas atau minimal di halaman pertama pencarian akan menaikkan popularitas dan jumlah pengunjung dan berdampak pada omset perusahan.

Saat ini lowongan kerja Spesialis SEO cukup banyak. Kita bisa cek di Google dengan menuliskan kata kunci “lowongan spesialis seo”.

 

lowongan spesialis seo

Untuk menjadi spesialis SEO bisa dimulai dengan membuat blog gratis dan menerapkan teknik SEO.

2. Pemasar Digital (Digital Marketer)

Membagikan brosur atau selebaran kepada orang-orang di tempat umum adalah cara promosi konvensional. Di era internet, pemasaran digital –disebut juga pemasaran daring (online marketing)– memegang peran penting untuk berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online.

Digital Marketing Specialist

Digital Marketing (MTC EduHub).

Media yang digunakan untuk pemasaran online atau menjangkau konsumen secara real time, personal dan relevan adalah website, blog, dan media sosial. Lowongan kerja digital marketer terbuka luas. Skills utama yang dibutuhkan adalah penguasaan IT internet dan komunikasi daring (online communication).

Digital Marketer atau Digital Marketing Specialist biasanya juga seorang yang paham SEO dalam melakukan melakukan social media marketing, content marketing, content writing, email marketing, video marketing, dll.

Saat ini banyak lembaga atau perorangan yang punya website. Mereka membutuhkan orang yang bisa mengisinya untuk branding dan meraih reputasi (e-reputation).

3. Ahli Pengolah Data

Pengolah data atau data scientist sangat dibutuhkan perusahaan. Tugasnya adalah mencari data, mengolah, dan menganalisis data yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan.

Profesi ini terbuka untuk semua orang yang memiliki keahlian di bidang komputer, elektronik, matematika, statistik, dan manajemen.

Selain itu, pengolah data juga harus mahir dalam berkomunikasi, berpikir kritis, suka mencoba hal baru, cakap dalam menyaring data, memiliki analisis yang kuat, dan memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar.

data, big data, internet

Ilustrasi Big Data (Pixabay)

Pekerjaan ini muncul seiring hadirnya Big Data (Maha Data) yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan atau semua pihak untuk kepentingan ekononi, bisnis, dan politik. Big data yang tersaji di internet dapat diimplementasikan untuk bidang bisnis, kesehatan, dan pariwisata.

Persahaan yang memanfaatkan big data akan dapat mengenali pelanggan dengan lebih baik, membantu perusahaan mengerti pilihan pelanggan secara lebih baik, dan tepat dalam memutuskan produk yang membutuhkan improvisasi. Perusahaan dapat menggunakan big data untuk membuat keputusan marketing yang lebih baik.

4. Pengembang Aplikasi

Aplikasi (application) adalah jenis halaman internet di perangkat mobile, sebagaimana halaman website di komputer (desktop/laptop).

Saat ini banyak perusahaan menciptakan aplikasi yang bisa menggait banyak konsumen atau pengguna. Ini menjadi masa-masa emas para pengembang aplikasi untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian mereka.

application development

Pengembang Aplikasi (API Friends).

Untuk mendapatkan pekerjaan atau profesi sebagai pengembang aplikasi, dapat mengikuti panduan menjadi pengembang aplikasi dari WikiHow.

5. Pengembang Perangkat Lunak

Software Develover, Software Enggeener, atau Software Programmer berkaitan dengan segala macam bahasa pemrograman. Pengembang perangkat lunak adalah individu, komunitas, atau perusahaan yang membuat perangkat lunak.

Beberapa perusahaan pengembang perangkat lunak terkenal antara lain Microsoft, Yayasan Mediawiki, Corel, Adobe, Yahoo, dan Google. (Wikipedia)

Perusahaan masa kini dan masa depan membutuhkan seseorang dengan keahlian di bidang teknologi IT untuk mengoptimalkan sistem komputerisasi perusahaan tersebut. Pengembang perangkat lunak dibutuhkan banyak perusahaan.

software developer

Software Seveloper (SRG Europe).

6. Desainer

Produk dan promosi produk memerlukan desain yang menarik. Orang yang mahir dalam desain produk akan kebanjiran job di masa depan.

Pelaku bisnis kecil, menengah, hingga perusahaan besar membutuhkan seorang desainer untuk mendesain produk kemasan mereka. Kemasan yang bagus akan membuat konsumen tertarik membelinya.

7. Akuntan

Pekerjaan sebagai akuntan juga masih memiliki potensi besar di masa kini dan masa depan. Setiap perusahaan, kecil ataupun besar, bahkan bisnis perorangan, membutuhkan jasa seorang akuntan.

Keahlian akuntan dalam mengelola keuangan, menganalisis keuangan, dan membuat laporan pajak akan sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan.

8.  Ahli Konstruksi dan Ahli Teknik

Pembangunan terus terjadi dan memerlukan orang yang mahir dalam bidang konstruksi dan ahli teknik

9. Praktisi Kesehatan

Praktisi atau ahli kesehatan seperti dokter, perawat, dan bidan adalah pekerjaan atau profesi yang diperlukan sejak dulu hingga kini dan masa depan.

Image result for best jobs for the future

profesi masa depan

The Best Tech Jobs

Berikut ini “The Best Tech Jobs of the Future to Prepare For” dari laman Jobberman.

  1. Database Administrator
  2. Web Application Developer
  3. Mobile App Developers
  4. Software Developers
  5. Digital Marketing

(R1/Weforum/Jobberman).*

 

Pekerja pekerjaan profesi

Related Post

Leave a reply