Daftar Lokasi Rawan Banjir di Jakarta

642 views

Banjir Jakarta

Reaktor.co.id, Jakarta — Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta memetakan titik-titik banjir dan genangan seiring dimulainya periode musim hujan.

Kepala BPBD DKI Jakarta Subejo memperkirakan hujan deras berpotensi mengguyur Jakarta pada pertengahan Desember 2019.

“Kami memastikan semua petugas di lima wilayah siap siaga. Ada 25 wilayah yang rawan banjir karena itu kami harus antisipasi,” kata Subejo kepada wartawan, Kamis (14/11/2019).

Dia menuturkan wilayah rawan banjir ditetapkan berdasarkan analisis setidaknya dalam periode tiga tahun terakhir.

Ada tiga indikator yang dijadikan dasar penentuan titik rawan banjir. Pertama, ketinggian air mencapai atau lebih dari 100 cm. Kedua, durasi banjir lebih dari 24 jam. Terakhir, banjir mengharuskan warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“BPBD sudah menyiapkan peta rawan banjir di Jakarta, rute menuju shelter atau tempat pengungsian, serta logistik untuk penanganan banjir. Petugas sudah mulai survei kondisi terkini di lapangan,” jelasnya.

Berikut ini daftar 25 wilayah (kelurahan) rawan banjir di DKI Jakarta:

1. Rawa Buaya
2. Tegal Alur
3. Kedoya Utara
4. Kedoya Selatan
5. Cipete Utara
6. Petogogan
7. Cipulir
8. Pondok Pinang
9. Rawajati
10. Ulujami
11. Pondok Labu
12. Bangka
13. Pejaten Timur
14. Jati Padang
15. Bidara Cina
16. Kampung Melayu
17. Cawang
18. Cililitan
19. Cipinang Melayu
20. Makassar
21. Kampung Rambutan
22. Pademangan Barat
23. Pluit
24. Penjaringan
25. Kampung Melayu

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono juga menyinggung soal banjir di Jakarta Selasa (10/12/2019). Gatot mengimbau kepada jajaran memetakan lokasi-lokasi rawan untuk mengantisipasi agar banjir tidak terulang.

“Saya minta kepada kita semua, peristiwa beberapa hari yang lalu ketika curah hujan tinggi menimbulkan kemacetan di beberapa titik. Langkah pertama adalah kita mengantisipasi dengan me-mapping terlebih dahulu lokasi-lokasi mana yang terdapat genangan air atau banjir yang dapat mengganggu kelancaran arus lalulintas,” ujarnya, Kamis (19/12/2019).

Selain itu, Gatot juga meminta kepada jajarannya untuk siaga di lokasi rawan banjir. Polisi harus memberikan pelayanan kepada masyarakat saat banjir.

“Antisipasi tiap wilayah dengan menempatkan anggotanya baik untuk antisipasi banjirnya atau lalu lintas. Koordinasikan dengan pihak terkait, TNI, Pemda setempat,” imbuhnya.

Daftar Lokasi Banjir Jakarta

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga telah memetakan 54 lokasi yang rawan banjir di Jakarta.

Jakarta Selatan mencatat lokasi terbanyak dengan 20 titik rawan banjir, disusul Jakarta Utara 13 titik, Jakarta Timur 9 titik, Jakarta Pusat 7 titik, dan Jakarta Barat 3 titik.

“Dari 54 lokasi, kami sudah mapping. Di daerah yang tidak bisa dilintasi kendaraan, kami lakukan rekayasa lalu lintas,” kata Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar, Selasa (17/12/2019), dikutip Antara.

4 titik Rawan Banjir di Ibu Kota

Daftar Lokasi Banjir Jakarta

Banjir Jakarta

Related Post

Leave a reply