Daftar Gaji Pekerja di Indonesia Menurut Jenjang Pendidikan

68 views

Gaji lulusan UI 8 Juta

Reaktor.co.id, Jakarta — Badan Pusat Statistik (BPS) merilis besaran rata-rata upah bersih atau gaji yang diterima pekerja di Indonesia untuk semua jenjang pendidikan sebesar Rp 2,8 juta per bulan.

Upah tertinggi terdapat pada jumlah jam kerja di rentang 35-44 jam seminggu dari pekerjaan utama, yaitu sebesar Rp 3,4 juta.

Dilihat dari tingkat pendidikan, pekerja lulusan universitas (sarjana) memperoleh rata-rata upah tertinggi yaitu sebesar Rp 4,4 juta per bulan.

Pekerja lulusan Diploma I/II/III/Akademi sebesar Rp 3,4 juta per bulan. Untuk jenjang menengah, lulusan SMK mendapatkan rata-rata sedikit lebih tinggi dari SMA. Upah yang diterima lulusan SMK sebesar Rp 2,73 juta dan SMA sebesar Rp 2,68 juta per bulan.

Rata-rata upah terendah diterima oleh pegawai yang belum/tidak pernah menempuh pendidikan yaitu sebesar Rp 1,2 juta per bulan. Sedikit lebih tinggi dari itu, pegawai yang belum tamat SD memperoleh upah sebesar Rp 1,6 juta per bulan.

Rata-rata gaji lulusan universitas lebih tinggi dari Upah Minimum 2019 di 33 Provinsi yang rata-rata sebesar Rp 3 juta. Dalam daftar upah minimum 2019 se-Indonesia, enam daerah di bawah Rp2 juta dan tiga daerah di atas Rp 3 juta sebanyak tiga daerah. DKI Jakarta merupakan daerah yang memiliki UMP 2019 yang tinggi, yakni Rp3.940.972.

Gaji Pekerja upah minimum upah pekerja

Related Post

Leave a reply