Daftar 10 Situs Web Lowongan Kerja Terpopuler Indonesia

119 views

situs lowongan kerja terbaik

Reaktor.co.id — Di era internet, berkat Internet of Thing, mencari kerja tidak usah lagi mendatangi satu per satu perusahaan tujuan untuk melamar kerja.

Tampaknya, lirik lagu Iwan Fals, Sarjana Muda, sudah tidak berlalu lagi saat ini. Setidaknya, sudah jarang terjadi seorang sarjana “keliling” membawa map untuk mencari kerja.

Langkah kakimu terhenti
Di depan halaman sebuah jawatan
Tercenung lesu engkau melangkah
Dari pintu kantor yang diharapkan
Tergiang kata tiada lowongan
Untuk kerja yang didambakan

Era “big data” memungkinkan pencari kerja tidak perlu keluar rumah. Cukup nyalakan komputer atau gadget lainnya, lalu koneksi internet, dan klik “lowongan kerja”. Tersedia banyak situs yang berisi informasi lowongan kerja di berbagai perushaan.

Pelamar tinggal klik “apply” untuk mengajukan lamaran dan mengisi biodata. Perekrut pun bisa dengan mudah menyeleksi pelamar dengan mempelajari “biodata online”. Bahkan, wawancara pun bisa dilakukan secara online.

Masih banyaknya lowongan kerja di satu sisi, dan banyaknya pengangguran di sisi lain, menunjukkan masih ada “ketimpangan” antara kebutuhan tenaga kerja dengan angkatan kerja yang tersedia.

Banyak perusahaan mengeluh sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai untuk mengisi lowongan pekerjaan yang disediakan. Padahal, jumlah pengangguran masih tinggi.

Top 10 Situs Web Lowongan Kerja Terpopuler Indonesia

Daftar Top 10 Situs Web Lowongan Kerja Terpopuler Indonesia ini disusun berdasarkan popularitas di mesin pencari Google, Minggu (25/8/2019), dengan kata kunci “lowongan kerja”. Tentu saja masih banyak situs lowongan kerja lainnya. Peringkat berdasarkan hasil pencarian di Google.

1. Top Karir

Top Karir merupakan menempati peringkat teratas di Google kategori situs web lowongan kerja. Top Karir menggunakan tagline “Portal Karirnya Anak Muda Indonesia”.

situs lowongan kerja topkarir

Disebutkan dalam laman “Tentang Kami”, TopKarir adalah portal karir yang ditujukan bagi anak muda Indonesia dengan menawarkan beragam pilihan pengembangan karir, mulai dari informasi terkait kesempatan kerja (magang, pekerjaan tetap maupun pekerjaan paruh waktu), beasiswa kelanjutan pendidikan, pelatihan dan sertifikasi serta informasi terkait kewirausahaan.

TopKarir memiliki kolaborasi dengan jejaring lapangan kerja dan komunitas anak muda serta Bappenas, Lembaga Pemerintahan, dan Pemerintah Daerah.

2. JobStreet

JobStreet sangat membantu para pencari kerja idaman. Tanpa harus rutin membuka situsnya, JobsStreet mengirimkan info loker terbaru via email kepada pencari kerja yang terdaftar di situsnya.

situs lowongan kerja jobstreet

Situs lowongan kerja jaringan internasional ini bermitra juga dengan berbagai situs loker di berbagai negara, seperti Singapura, Filipina, India, China, Australia, hingga Brasil.

Di laman “about” disebutkan, JobStreet adalah salah satu perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan terkemuka di Asia. Mereka berperan sebagai fasilitator pencocokan dan komunikasi lapangan kerja antara pencari kerja dan perusahaan, di Malaysia, Filipina, Singapura, Indonesia dan Vietnam.

Didirikan di Malaysia pada tahun 1997, JobStreet memiliki 800 tim  yang berusaha menyediakan peluang terbaik bagi para pencari kerja dan memberikan nilai luar biasa bagi para perusahaan.

3. Terminal HRD

Terminal HRD hanya menyediakan informasi lowongan kerja, tanpa fitur lamaran langsung seperti yang disediakan TopKarir, JobStreet, dan situs loker lainnya.

4. Indeed

Indeed sangat ramah pencari kerja. Halaman depan situs loker Indeed langsung menampilkan form isian jenis pekerjaan yang dicari dan nama kota tempat perusahaan penyedia lowongan kerja.

Pencari kerja bisa mengunggah CV di situs ini untuk ditemukan oleh perusahaan yang sedang membutuhkan pekerja. “Biarkan Perusahaan Menemukanmu, Unggah CV-mu”. Indeed juga akan mengirimkan info lowongan via email bagi yang mendaftar di situsnya.

5. Loker.id

Seperti Indeed, halaman depan (homepage) situs lowongan kerja Loker.id juga langsung menyediakan kotak pencarian “Cari Lowongan Kerja Sesuai dengan keahlian dan lokasi”. Penyedia kerja bisa memanfaatkan situs ini untuk merekrut karyawan.

situs lowongan kerja loker id

Pionir istilah loker identik dengan lowongan kerja, situs loker.id hadir sejak 2007 mempermudah cari pekerjaan dan perekrutan karyawan.

6. Urban Hire

Urban Hire mengklaim sebagai situs lowongan kerja yang menyediakan semua yang dibutuhkan untuk mempermudah pencarian pekerjaan dan perekrutan karyawan.

Pencari kerja dapat menemukan pekerjaan dari berbagai portal lowongan dan perusahaan dapat mendistribusikan informasi lowongan ke berbagai portal lowongan dalam satu waktu.

Para pencari kerja bisa mencari lowongan kerja berdasarkan posisi, lokasi, jenis industri, berdasarkan fungsi, dan berdasarkan perusahaan.

7. Karir

Karir –sebagaimana situs lowongan kerja pada umumnya– menginformasikan banyak sekali lowongan kerja di berbagai perusahaan dan kota.

Pencari kerja bisa membuat akun di karir.com untuk mendapatkan lowongan sesuai resume melalui email, akses gratis tes dan fitur pengembangan karir oleh ahli psikologi, serta info program khusus dan Management Trainee perusahaan nasional dan multinasional.

8. Jobs.id

Jobs.id adalah adalah portal kerja online yang menyediakan info lowongan kerja dan opsi karier dari berbagai ranah industri yang mencakup bidang finansial dan perbankan, informasi teknologi (IT) dan telekomunikasi, hingga bidang media dan periklanan, dan sebagainya.

Di Jobs.id, selain perusahaan menyediakan langsung info lowongan kerja dengan deskripsi dan kualifikasi individu yang dicari, pengguna laman Jobs.id juga dapat melampirkan profil yang akan menjadi panduan pencarian bagi klien kami yang sedang merekrut tenaga kerja.

Jobs.id bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dalam menyediakan lowongan pekerjaan bagi masyarakat,

Pencari kerja bisa menemukan pekerjaan idaman berdasarkan posisi, lokasi, perusahaan, bidang, dan berdasarkan Industri. Pihak perusahaan bisa memasang lowongan di situs loker ini.

9. Jooble

Jooble adalah situs lowongan kerja seperti mesin telusur yang diciptakan sengaja untuk membantu Anda menemukan lowongan kerja yang Anda impikan.

Jooble merupakan mesin telurus khusus lowongan kerja, sama dengan setiap mesin telusur seperti Google atau Yandex. Jooble tidak menyimpan semua informasi di dalam basis datanya sendiri. Jooble cuma bisa mencari informasi dan itu adalah hal yang jooble melakukan memang lebih bagus daripada lainnya.

“Jooble juga adalah mesin telusur dengan perbedaan kecil: mesin ini mengkhususkan diri dalam pencarian lowongan kerja. Pencarian dilakukan di antara semua portal dengan pekerjaan di Indonesia.Mesin telusur kami mencari posting lowongan kerja di segenap situs lowongan kerja utama di Indonesia.

Jooble menyaring pos yang sama secara otomatis, sehingga lowongan yang serupa dari berbagai situs kerja diperlihatkan sebagai satu posting saja. Sambil menelusuri, silahkan perhatikan panel filter kami yang di layar kiri. Panel ini akan membantu menyaring hasil yang tidak diperlukan dari penelusuran lowongan kerja.”

10. Job Like

Job Like adalah one stop portal lowongan kerja yang merangkum lebih dari 60,000 lowongan pekerjaan di seluruh Indonesia. Situs loker ini juga menyajikan review dan informasi gaji perusahaan dari komunitas dunia kerja yang dikupas secara lengkap.

situs lowongan kerja job-like

Demikian Daftar 10 Situs Web Lowongan Kerja Terpopuler Indonesia. Situs loker mana yang Anda gunakan? (Mel).

 

Ketenagakerjaan Lowongan Kerja Pekerja

Related Post

Leave a reply