Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

177 views

Menurut Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah, ada delapan cara untuk bisa mendapatkan kartu prakerja. Desain kartu pra-kerja tidak dicetak secara fisik, namun digital.

Kartu Pra-Kerja

Reaktor.co.id, Jakarta — Program Kartu Prakerja bagi pengangguran dan korban PHK mulai dijalankan tahun depan. Pemerintah menargetkan ada dua juta pekerja yang masuk dalam program ini.

Kartu Prakerja adalah bantuan pelatihan vokasi dari pemerintah yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh aktif, dan/atau pekerja atau buruh yang terkena PHK yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Pemerintah menyiapkan anggaran Rp10 triliun untuk membiayai program mulai dari pelatihan, insentif bagi pencari kerja, hingga survei akhir.

Syarat utama mendapatkan Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI), umur di atas 18 tahun, dan tidak sedang melakukan pendidikan formal apa pun.

Terdapat dua kategori program kartu pra kerja. Pertama, untuk angkatan kerja baru atau pencari kerja. Kedua, khusus bagi korban PHK.

Korban PHK akan mendapatkan pelatihan. Saat pelatihan mendapatkan insentif.  Setelah dalam kurun waktu tertentu, misalnya maksimal 3 bulan, setelah dia pelatihan dia juga dapatkan insentif.

Menurut Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah, ada delapan cara untuk bisa mendapatkan kartu prakerja. Desain kartu pra-kerja tidak dicetak secara fisik, namun digital.

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

Berikut ini Cara Mendapatkan Kartu Prakerja sebagaimana dikemukakan Menaker.

1. Daftar Online

Calon peserta harus mendaftarkan diri melalui kemenaker.go.id. Prinsipnya first in first serves. Artinya yang lebih dulu mendaftar akan dapat mengikuti pelatihan vokasi lebih awal dibandingkan yang mendaftar belakangan.

2. Proses dan Pengumuman

Pemerintah akan melakukan proses seleksi secara online. Hasilnya pun akan diumumkan melalui situs Kemenaker.

3. Memilih Lembaga

Calon peserta lulus seleksi harus memilih lembaga pelatihan vokasi melalui website atau aplikasi.

4. Pelatihan

Peserta atau pemegang Kartu Prakerja nantinya akan mengikuti pelatihan sesuai pilihan mereka, baik secara tatap muka maupun daring.  Biaya pelatihan berkisar Rp 3 juta hingga Rp 7 juta akan ditanggung pemerintah.

5. Sertifikasi

Setelah mendapatkan sertifikasi kompetensi, dapat mengikuti uji kompetensi. Biaya akan disubsisidi dari program kartu pra-kerja hingga Rp 90.000.

6. Insentif

Peserta akan mendapat insentif persiapan melamar pekerjaan sebesar Rp 500.000.

7. Evaluasi

Peserta akan memberikan penilaian dan evaluasi proses pelatihan yang telah diikuti.

8. Survei

Peserta harus mengisi survei kepekerjaan yang dilakukan secara periodik untuk mendapat data apakah sudah mendapatkan kerja atau belum.

Sumber

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

Kartu Prakerja

Related Post

Leave a reply