Butuh 3.500 Pekerja, Produsen Otomotif Korsel Siap Produksi di Indonesia

90 views
New Hyundai Nexo. Foto: autocar.co.uk

New Hyundai Nexo. Foto: autocar.co.uk

Reaktor.co.id — Produsen otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motor Company (HMC), akan berproduksi di Indonesia. Membutuhkan sekitar 3.000 pekerja, HMC akan mulai produksi tahun 2021.

Kepastian Hyndai berproduksi di Indonesia terungkap dalam pertemuan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dengan Executive Vice President HMC Park Hong Jae, di Seoul, Korea Selatan, 25 Juni 2019.

“Mereka akan mulai produksi pada tahun 2021, dengan kapasitas 70.000 hingga 250.000 unit per tahun,” kata Airlangga di Jakarta, Minggu (30/6/2019).

Jenis kendaraan yang akan digarap di Indonesia, antara lain adalah SUV, MPV, hatchback, dan sedan. Pemerintah Indonesia akan mendorong investasi industri kendaraan elektrik dengan pemberian fasilitas tax holiday.

Pabrik Hyundai di Indonesia tersebut bakal menyerap tenaga kerja sebanyak 3.500 orang.

“Hyundai telah menegaskan komitmen mereka untuk segera memulai investasi di Indonesia,” tutur Airlangga.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Harjanto, mengatakan, sejak awal Januari 2018, Hyundai mengungkapkan rencana untuk membangun pabrik di kawasan ASEAN dan memilih Indonesia.

Menurut Menteri Perdagangan, Industri dan Energi (MoTIE) Korea Selatan, Sung Yun Mo, penguatan kerja sama Indonesia dan Korea Selatan meliputi banyak sektor industri.

“Kerja sama otomotif juga membuka kesempatan untuk penyedia komponen, dengan kebutuhan komponen kendaraan yang cukup banyak, ini bisa memperkuat juga IKM di Indonesia. Kerja sama ini sangat berarti, karena akan meningkatkan daya saing, dan berkontribusi terhadap ekosistem industri yang lebih sehat,” katanya. (R1/Poskotanews).*

 

korea selatan Lowongan Kerja pabrik hyundai

Related Post

Leave a reply