Bus Damri Gratis Bandung – Bandara Kertajati Berakhir 31 Juli 2019

200 views

Saat ini, Damri memberlakukan program bus gratis untuk keberangkatan Bandung-Kertajati dan sebaliknya hingga 31 Juli 2019. Namun, tidak menutup kemungkinan program tersebut akan diperpanjang. Aplikasi tiket online juga siap diluncurkan.

Bus Damri Bandung Kertajati

Reaktor.co.id, Bandung —¬†Perusahaan Umum Damri menyediakan bus gratis dari Kota Bandung ke Bandara Kertajati Majalengka hingga 31 Juli 2019.

Layanan gratis ini guna mendukung pemindahan seluruh penerbangan domestik dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung ke Bandara Intenasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majelengka, sejak 1 Juli 2019.

Kini pool Damri BIJB di Kertajati tengah mempersiapkan sistem aplikasi berbasis online. Rencana ini untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan tiket.

Selain melalui online, pemesanan bus damri bakal bisa dilakukan via telepon.

“Jadi mungkin mulai 1 Agustus kita akan bikin aplikasi pemesanan tiket online. Sekaligus juga pemesanan bisa dilakukan via telepon mulai bulan depan,” kata Koordinator BIJB Damri, Ryan P, Selasa (16/7/2019), dilansir CNN Indonesia.

Ryan mengungkapkan pengguna armada bus Damri gratis selama dua pekan terakhir mengalami peningkatan yang signifikan. Saat ini, pihaknya mengangkut rata-rata 1.000 penumpang

Menurut Ryan, aplikasi pemesanan online saat ini sedang disiapkan. Sambil menunggu persiapan pemesanan tiket daring, pihak Damri sampai saat ini masih melakukan penjualan tiket on the spot.

“Untuk sebulan sekarang tiket masih dijual on the spot, pemesanan bisa dilakukan hingga satu jam sebelum keberangkatan,” jelasnya,

Saat ini, Damri memberlakukan program bus gratis untuk keberangkatan Bandung-Kertajati dan sebaliknya berlaku hingga 31 Juli mendatang. Namun, tidak menutup kemungkinan program tersebut akan diperpanjang.

“Memang untuk satu bulan ini gratis dari pihak BIJB. Tapi tidak menutup kemungkinan layanan bus gratis akan diperpanjang,” pungkasnya.

Bandara Kertajati Majalengka

Bandara Kertajati Majalengka. Foto: Pikiran Rakyat

Laris Manis

Layanan bus Damri gratis di pool Bandung, Jalan Kebon Kawung, laris manis. Statistik jumlah penumpang dari Bandung ke Bandara Kertajati, pada periode 1-14 Juli 2019 atau selama dua pekan terakhir, meningkat.

“Antusias penumpang sangat besar sekali mencapai 11.000 orang, bahkan per satu hari untuk jam paling ideal yaitu keberangkatan pukul 2 dini hari bisa sampai 246 orang langsung. Di saat puncak keberangkatan kita menyediakan 6 unit bus,” kata Ryan.

Ryan mengatakan, setiap harinya bus damri gratis ini selalu melayani penumpang. Puncak arus penumpang yang tercatat berangkat ke Bandara Kertajati terjadi pada akhir pekan seperti hari Minggu.

“Selalu terjadi kenaikan setiap hari apalagi di hari Minggu. Kemarin saja per satu hari dari Bandung mencapai 1.200 penumpang,” ujarnya.

Rata-rata penumpang bus Damri ke Kertajati mencapai angka 1.000 per hari, dari dari Bandung ke Kertajati dan sebaliknya dengan rata rata 15-16 unit bus.

Rencananya, Kementerian Perhubungan akan menyiapkan subsidi untuk penggunaan bus Damri secara gratis selama satu tahun di Bandara Kertajati, sambil menunggu pembangunan Tol Cisamdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang ditargetkan selesai tahun ini.*

 

Bandara Husein Bandara Kertajati Bandung Bus Damri

Related Post

Leave a reply