Bukan Usia, Ini Dua Penyebab Rossi Terpuruk di MotoGP 2019

84 views

Valentino Rossi

Reaktor.co.id — Pebalap Monster Enery Yamaha, Valentino Rossi, terpuruk di MotoGP 2019. Menjelang MotoGP Ceko di Sirkuit Brno, 4 Agustus 2019, The Doctor hanya dua kali naik podium, yakni finis kedua di Argentina dan posisi ketiga di Amerika Serikat, dari sembilan seri yang telah dilewati.

Rossi bahkan gagal finis pada tiga balapan terakhir, yakni Italia, Catalunya, dan Belanda. Rider berusia 40 tahun itu pun tercecer di posisi keenam klasemen sementara MotoGP 2019 dengan raihan 80 poin, terpaut 105 poin dari Marc Marquez (Honda) yang ada di puncak klasemen dengan 185 poin.

Menurut pengamat MotoGP, Carlo Pernat, ada dua masalah yang membelit Valentino Rossi sehingga mantan juara dunia tersebut tidak mampu bersaing di MotoGP 2019.

Pernat tidak menyebut usia Rossi yang sudah mencapai kepala empat sebagai penyebab penurunan performa. Faktor usia sama sekali tidak disebut sebagai faktor penyebab keterpurukan Rossi di MotoGP 2019.

“Valentino berlatih giat, setiap hari. Dia ingin membalap dan beberapa bulan lalu dia berhasil naik podium. Dia tidak dapat mengubah itu dalam waktu dekat. Valentino akan kembali balapan dan akan segera berada di podium,” tutur Pernat dikutip dari GPone, Selasa (30/7/2019).

Pernat menyebut, masalah yang dihadapi Rossi di MotoGP 2019 ada di paddock, termasuk soal motor YZR-M1 yang menghambat laju Rossi di lintasan.

“Saya tidak berbicara soal mekanik, tetapi mengenai manajer teknis, [Silvano] Galbusera. Mungkin dia bukan orang yang tepat untuknya sekarang, saya tidak mengatakan soal kemampuan tetapi soal hubungan,” terang Pernat.

Galbusera merupakan salah satu kepala kru mekanik yang bekerja sama dengan Rossi sejak musim 2014. Galbusera menggantikan Jeremy Burgess yang mengantar Rossi meraih tujuh gelar juara MotoGP.

“Selain itu, motornya selalu tidak dapat bekerja dengan baik seperti motor Yamaha lainnya. Terlepas dari itu semua, Rossi bakal terus balapan, bahkan pada 2020,” sambungnya.

Pernat tidak yakin Rossi akan pensiun seperti rumor yang beredar. Ia bahkan yakin Rossi bisa bangkit musim depan. Pernat menyarankan Yamaha melakukan perbaikan jika ingin Rossi merebut gelar juara dunia pada MotoGP 2020.

“Dia tak mungkin pensiun. Valentino terus berlatih setiap hari. Dia masih ingin membalap. Dia hanya butuh waktu,” ujar Pernat.

“Tahun ini mungkin musim yang buruk, tapi saya percaya Valentino Rossi bisa mengatasinya. Saya bertaruh, dia juga membidik podium musim depan,” tambahnya.

Hal senada dikemukakan ayah Rossi, Graziano Rossi, yang tetap percaya terhadap kemampuan putranya. Ia menyebut anaknya masih berpeluang memenangkan kompetisi musim depan jika memiliki motor kompetitif.

“Tahun ini tidak lagi mungkin. Tetapi jika tahun depan mereka akan membuat sepeda yang kompetitif, Valentino pasti akan kompetitif untuk pacuan juara dunia,” ujar Graziano, seperti dilansir Tuttomoriweb.

Menurut Graziano, penampilan buruk Rossi di paruh pertama musim ini bukan semata-mata kesalahan The Doctor. Menurut ayah Rossi, Yamaha turut andil dalam rapor buruk putranya.

Graziano mengatakan pabrikan asal Jepang tersebut belum bisa membuat mesin yang kuat dan ramah dengan semua rider Yamaha, terutama untuk Valentino Rossi.

“Segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik karena M1 bukan motor yang mudah dikendarai. Penyetelan yang sempurna diperlukan karena Yamaha belum membuat mesin yang sangat kuat,” kata Graziano.

“Padahal sepeda harusnya sempurna. Namun, bagi Valentino dan timnya sulit untuk mendapatkan pengaturan yang optimal,” katanya.

MotoGP 2019 memasuki seri ke-10 di Sirkuit Brno, Republik Ceko. Balapan akan berlangsung Minggu 4 Agustus 2019. Sirkuit Brno merupakan salah satu favorit Rossi. Di Brno, Rossi menjadi pembalap yang paling sering menang yakni lima kali.

Jadwal MotoGP Ceko 2019

Jumat (02/08/2019)

14:55 WIB, Latihan Bebas
18:30 WIB, Latihan Bebas
19:10 WIB, Sesi Kualifikasi

Sabtu (03/08/2019)

14:55 WIB, Latihan Bebas
18:30 WIB, Latihan Bebas
19:10 WIB, Sesi Kualifikasi

Minggu (04/08/2019)

19.00 WIB, Lomba
Sirkuit Automotodrom Brno

CRASH.NET/MOTOGP.COM

 

MotoGP MotoGP 2019 MotoGP Ceko Valentino Rossi

Related Post

Leave a reply