Bukalapak PHK Ratusan Pekerja untuk Penataan Internal

151 views

Bukalapak PHK

Reaktor.co.id —  Perusahaan marketplace yang sudah menyandang predikat unicorn, Bukalapak, melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan pekerja.

PHK dilakukan demi efisiensi dan penataan internal. Bukalapak memastikan, keputusan PHK tidak akan berdampak terhadap layanan kepada para pelanggan.

Bukalapak merupakan salah satu startup (perusahaan rintisan) digital di segmen marketplace yang sudah menyandang gelar unicorn atau perusahaan dengan valuasi di atas US$ 1 miliar.

Selama ini, Bukalapak telah didukung oleh beberapa pemegang saham utama seperti EMTEK, Ant Financial, GIC (Government of Singapore Investment Corporation).

Bukalapak mencatat dua juta transaksi setiap harinya, yang berhasil membuat pendapatan pada kuartal ke-4 perusahaan teknologi tersebut melampaui pendapatan selama satu tahun pada 2017.

Saat ini, Bukalapak telah merangkul 4 juta usaha kecil di seluruh Indonesia, dan 500 ribu warung di Mitra Bukalapak, 700 ribu pelaku usaha mandiri, dengan 50 juta pengguna di seluruh Indonesia.

Dilansir Antara, pemutusan hubungan kerja menimpa beberapa divisi di Bukalapak, termasuk bagian engineering dan pemasaran. Pihak Bukalapak menyebut PHK itu sebagai “penataan internal perusahaan”.

“Di skala perusahaan seperti ini tentunya kami perlu menata diri dan mulai beroperasi layaknya perusahaan yang sudah dewasa, atau bisa kami sebut sebagai a grown up company, terutama untuk menjamin visi kami untuk terus tumbuh sebagai sustainable e-commerce dalam jangka panjang, ” kata Bukalapak melalui keterangan resmi, dilansir Antara, Selasa (10/9/2019).

Menurut Bukalapak, penataan internal ini akan mendukung strategi bisnis mereka.

“Tentunya sudah lazim untuk perusahaan manapun melakukan penataan internal secara strategis untuk mendukung implementasi strategi bisnisnya. Demikian pula dengan Bukalapak,” katanya.

Bukalapak masuk kelompok startup unicorn di Indonesia. Perusahaan yang dirintis oleh CEO Achmad Zaky dan kawan-kawannya ini sudah beroperasi selama sembilan tahun.

Berangkat sebagai e-commerce, Bukalapak menjelma menjadi perusahaan berbasis teknologi dan mengembangkan beragam layanan di platform mereka, termasuk layanan finansial dan investasi. Selain kantor pusat di Jakarta, Bukalapak juga memiliki pusat riset di Bandung dan Surabaya. (RL).*

 

Bukalapak PHK

Related Post

Leave a reply