BrandZ Rilis 50 Daftar Merek Paling Bernilai di Indonesia

71 views

Top 50 Brand Indonesia

Reaktor.co.id — BrandZ merilis daftar 50 merek (brand) paling bernilai di Indonesia, BrandZ™ Top 50 Most Valuable Indonesian Brands.

Dirilis laman resmi Millward Brown, Jumat (23/8/2019), BCA menempati peringkat pertama, diikuti BRI, Telkomsel, A Mild, dan Mandiri di posisi lima besar.

BrandZ adalah basis data ekuitas merek yang dikelola oleh perusahaan pemasaran Millward Brown. Mereka menyimpan data dari lebih dari 650.000 konsumen dan profesional di 31 negara dan memeringkat lebih dari 23.000 merek.

BCA memimpin sebagai merek paling bernilai dengan peningkatan nilai sebesar 3% setara dengan USD 13,1 miliar. Kedua, ada BRI yang juga dari sektor perbankan dengan nilai USD 11 miliar. Di tempat ketiga ada penyedia layanan telekomunikasi Telkomsel yang nilai mereknya USD 7,3 miliar.

Dari kategori bank, selain BCA, BRI, dan Mandiri, bank lain yang masuk Top 50 Band adalah BNI, CIMB Niaga, Lippo, BTN, dan Bank Mega.

Pada kategori e-commerce, hanya dua merek yang masuk, yaitu Tokopedia dan Bukalapak. Dari kategori media, hanya televisi SCTV yang masuk Top 50 Brands.

50 Daftar Merek Paling Bernilai di Indonesia

Berikut ini daftar merek paling bernilai sesuai urutannya menurut BrandZ:

1. BCA
2. BRI
3. Telkomsel
4. A Mild
5. Mandiri

6. Gojek
7. Dji Sam Soe
8. Surya
9. Gudang Garam
10. Tokopedia

11. BNI
12. Marlboro
13. Traveloka
14. Indomie
15. U Mild

16. Rinso
17. Ponds
18. Matahari
19. XL Axiata
20. IndiHome

21. Indosat Ooredoo
22. Pepsodent
23. Alfamart
24. ABC
25. Bango

26. Ace Hardware
27. Pakuwon Jati
28. Aqua
29. Sariwangi
30. Sinarmas Land

31. Pondok Indah
32. Ciputra
33. Bukalapak
34. Fifastra
35. Sunsilk

36. SCTV
37. Sinarmas Multiartha
38. Lifebuoy
39. Smartfren
40. Garuda Indonesia

41. Summarecon
42. Citra
43. Supermi
44. CIMB Niaga
45. Sarimi

46. Clear
47. Lippo
48. BTN
49. Bank Mega
50. Roma

Top Brand Award 2019

Sebelumnya, Top Brand Award Indonesia menggelar Top Brand Award 2019 Fase 2 di Jakarta, 20-21 Agustus 2019. BCA juga menempati peringkat pertama untuk kategori Banking & Finance, diikuti BRI, BNI, dan Mandiri.

Top Brand Award diberikan kepada merek-merek yang dinilai memiliki performa luar biasa di pasar Indonesia. Datanya didapat melalui hasil survei Top Brand bernama Top Brand Index (TBI).

Pada Top Brand Award 2019 Fase 2, beberapa merek familiar kembali meraih predikat Top Brand. Pada kategori Es Krim, Wall’s masih memuncaki raihan TBI dengan angka 32,1%, disusul oleh Campina (26,7%) dan Aice (10,9%). Yang menarik adalah Aice sudah berhasil meraih Top Brand di usianya yang masih muda di Indonesia.

Di kategori nugget dan sosis, Fiesta sebagai merek yang sangat dikenal pun turut hadir dan menerima penghargaan bergengsi Top Brand Award.

Begitupun persaingan dua minimarket yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari pelanggan, Alfamart dan Indomaret. Alfamart sebagai salah satu Top Brand Achiever turut menghadiri acara dan menerima langsung penghargaan mereka.

Di kategori restoran fastfood, KFC dan McDonald’s sangat kompetitif dengan perolehan TBI masing-masing 26,2% dan 22,4%.*

 

Bisnis Brand Merek

Related Post

Leave a reply